Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kwarran Pramuka Kiarapedes dan Panitia Sukses Gelar Perkemahan Jambore Ranting!

Kwarran Pramuka Kiarapede Gelar Perkemahan Jambore Ranting
MangEnjang.com | Kiarapedes - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kiarapedes bersama panitia telah berhasil menyukseskan kegiatan perkemahan jambore ranting tingkat Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta yang telah digelar pada tanggal 13-15 Agustus 2022 yang lalu.

Keberhasilan ini terlihat sejak adanya dukungan dari seluruh Mabigus setiap pangkalan/gugus depan yang ada di wilayah Kecamatan Kiarapedes yang ikut andil menyetujui kegiatan perkemahan untuk bisa digelar pada tanggal tersebut.

Kerja keras panitia dibawah pimpinan Yayan Ihyanudin, S.Pd terus merancang kegiatan perkemahan jambore ranting ini untuk berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

Seluruh panitia terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mulai dari Pemerintahan Desa, Kapolsek, Pemerintah Kecamatan, dan Lingkungan sekitar pelaksanaan Perkemahan Jambore Ranting.

Pemerintahan Desa dibawah Pimpinan Kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana terus berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan perkemahan dengan terus memerintahkan kepada Babinsa dan Babinkamtibmas untuk terus mengawal kegiatan hingga berakhir.

Perkemahan Jambore Ranting Tingkat Kecamatan Kiarapedes di buka pada Hari sabtu (13/8/2022) yang dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Kiarapedes

“Salam Pramuka..Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia kegiatan, para mabigus yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada pembukaan perkemahan jambore ini. Kegiatan ini alhamdulillah bisa kita laksanakan pada hari ini, kegiatan ini kita laksanakan untuk melatih kemandirian peserta, menimbulkan rasa ceria atau kebahagiaan, serta untuk mampu menciptakan karya terbaik dari setiap pangkalan yang ada,” ujar Dede Ipan Gumelar dalam pembukaan Perkemahan

Peran panitia bisa berjalan dengan baik juga atas dukungan para pembina pramuka dari setiap pangkalan yang ikut serta menyukseskan perkemahan.

Para pembina mengikuti anjuran dari para panitia agar pelaksanaan pendirian tenda dilakukan pada tanggal awal pelaksanaan dan peserta didik yang berperan penuh dalam pendiriannya sebagai sarana untuk melatih kemandirian.

Kegiatan perkemahan jambore ranting tingkat kecamatan kiarapedes sempat tersendat karena cuaca pada sore hari terjadi hujan, namun kondisi tersebut sudah diantisipasi oleh panitia dengan sebelumnya telah berkoordinasi dengan lingkungan sekolah terdekat serta masyarakat setempat jika terjadi kondisi yang tidak sesuai agar peserta didik dapat di evakuasi ke lokasi-lokasi tersebut, dan perkemahan terus berjalan dan lancar hingga malam hari meskipun ada kegiatan yang dikurangi.

Perkemahan jambore ranting Kecamatan Kiarapedes dihari kedua bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-61 Tahun.

Maka kegiatan diisi dengan upacara peringatan hari ulang tahun pramuka yang dihadiri oleh Mabiran Kecamatan Kiarapedes Drs. Diaudin, M.Si

“Salam pramuka, selamat hari ulang tahun pramuka yang ke-61 Tahun di hari lahir pramuka ini dan pada pelaksanaan perkemahan ini semoga bisa dijadikan pembelajaran untuk adik-adik peserta dalam kehidupan kalian dengan melatih kemandirian dan terus belajar kepramukaan,” tegas Mabiran pada upacara HUT Pramuka

Pada kegiatan perkemahan ini dilakukan pula prosesi pengukuhan Dewan Kerja Ranting (DKR) sebagai bagian dari keterlibatannya dalam perkemahan.

DKR yang terbentuk merupakan anak-anak dari SMKN Kiarapedes. Peran Kepala SMKN Kiarapedes ini pun menjadi dukungan yang maksimal dari terlaksananya kegiatan.

Sama halnya dengan kegiatan jambore lainnya, kegiatan di malam kedua dilaksanakan prosesi penyalaan api unggun yang berbeda konsepnya dengan prosesi pada umumnya.

Pelaksanaan prosesi penyalaan api unggun ini sangat meriah terlihat dari antusias peserta yang melaksanakan serta para tamu undangan serta penonton yang ingin melihat prosesi tersebut.

Pelaksanaan Jambore Ranting Kecamatan Kiarapedes ditutup pada hari senin (15/8/2022) oleh ketua Panitia Pelaksanaan dan ditutup dengan pemberian apresiasi kepada seluruh peserta kegiatan.

“Salam pramuka, terima kasih kepada seluruh panitia, pembina, peserta, serta pihak-pihak terkait atas menyukseskan kegiatan perkemahan ini, semoga kita bisa bertemu kembali di perkemahan jambore ditahun-tahun berikutnya,” ucap Yayan Ihyanudin, S.Pd selaku ketua panitia

Perkemahan Jambore Ranting Kecamatan Kiarapedes merupakan kegiatan untuk terus menghidupkan Kepramukaan dan menjadi ekstrakurikuler yang terus digalakkan di setiap pangkalan/gugus depan yang ada di wilayah kerja Kwartir Ranting Kecamatan Kiarapedes.---