Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ki Balap, Dai Legendaris Ceramah Sunda

Ki Balap
Purwakarta Online - Sosok fenomenal Ki Balap yang memiliki nama asli KH Muhammad Arief Sholeh adalah Ulama yang berasal dari Cemplang Bogor Jawa Barat. Ki Balap populer pada dekade sekitar tahun 1970-an sampai menjelang awal tahun 1980-an, pada saat pamor pesantren masih jaya-jayanya dan peranan Ulama atau Kyai sebagai pemimpin pesantren begitu masih sangat dihormati dan masih sangat didengar baik oleh kalangan santri maupun masyarakat sekitarnya.

Meski Ki Balap telah lama tiada, akan tetapi ilmu dan pengaruhnya masih demikian besar mempengaruhi masyarakat Cianjur Selatan pada khususnya dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, terutama dikalangan dunia pesantren dan para Da’i yang meniru maupun mengikuti ciri khas atau gaya Ki Balap dalam menyampaikan dakwahnya.

Adapun ciri khas Ki Balap tersebut adalah jika sedang berdakwah, Ki Balap memakai cara seperti mendongeng khas Sunda, yaitu bercerita kisah-kisah klasik yang dimodifikasi sedemikian rupa tetapi warna dan nilai dakwahnya sangat dalam dan berselera humor yang cukup tinggi. 

Sehingga Mustami, pendengar yang sedang tholabul ilmu tidak merasa jenuh bahkan memori ingatannya akan materi yang disampaikan teringat terus hampir sepanjang masa. Selain humor yang khas mengena. dan tidak dibuat-buat. Kisah-kisahnya pun membumi, diangkat dari kisah kehidupan sehari-hari yang kadang konyol, urakan sok alim dan belajar untuk berbuat kesolehan.

Dalam setiap dakwahnya atau mengisahkan materi dakwahnya, sesekali diselingi oleh nadom (serupa nasyid) atau lagu yang seperti nyanyian yang dilagukan sangat khas Ki Balap, lagunya khas dengan cengkok Priangan yang kental. Berisi petuah-petuah yang dikemas dalam bahasa yang menasehati tapi tidak menggurui, atau kisah dongengnya sesekali dilagukan pula. 

Termasuk juga shalawat dan pujian pada Allah SWT dan sanjungan kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak ada nada menyindir atau bahkan menghina agama lain apalagi memprovokasi atau berkampanye terselubung sebuah partai. Materi dakwahnya murni berurusan dengan masalah-masalah akhlak yang mulia atau akhlakul karimah. 

Demikianlah salah satu ciri-ciri orang sholeh ilmunya akan senantiasa bermanfaat sepanjang masa. Semoga Allah SWT meridhoi dan merahmati KH Muhammad Arief Sholeh, Amin Ya Robbal Alamin.

1. Ceramah Ki Balap - Hikayat Kyai Ahmad Alias Si Kopeah Beureum, Kisah Tukang Mancing di Sungai Jadi Ulama Besar


2. Ki Balap - Kisah Hasan Basri Menikah Dengan Bangsa Jin


3. Ceramah Ki Balap - Tukang Bakul, Kisah Orang Beriman Digoda Wanita Cantik Super Kaya


4. Ceramah Ki Balap - Ki Narilam Memaksa Kawin Lagi


5. Ceramah Ki Balap - Soleman Pahlawan


6. Ki Balap - Si Jalis Ingin Jadi Wali


7. Ceramah Ki Balap - Siti Aisyah, Kisah Kasih Paling Sedih Tanpa Tanding


Sumber: Info Cianjur Selatan

Search keyword : ceramah ki balap mp3,kumpulan ceramah kyai balap,ki balap kisah siti aisyah full mp3,ki balap kisah siti aisyah part 2,ki balap muda,kyai balap kisah tukang bakul,kyai balap kopeah beureum,ki ahmad,ki balap mp3,ki balap hasan basri,ki balap kisah hasan basri,ki balap soleman pahlawan,ki balap tukang bakul mp3,ki balap ki ahmad,ki balap hasan basri full,ki balap cemplang bogor,ceramah ki balap,daftar lengkap ceramah ki balap,kumpulan ceramah ki balap,ceramah ki balap mp3,download ceramah ki balap mp3 full,biografi ki balap,ceramah ki balap muda,kumpulan ceramah ki balap mp3,dongeng ki balap,sholawat ki balap,ceramah ki balap mp3 full,download ki balap,kyai ahmad ki balap,kyai balap,purwakarta,purwakarta online,kit driver power balap,kyai balap muda,kyai balap lucu,kipas ketinting balap,kit power balap,kipas perahu balap,ceramah kyai balap,ki balap,kyai balap,kiyai balap,alamat kyai balap muda bogor,kibalap,ki balap ki ahmad,kiayi balap,ceramah ki balap mp3,ceramah kyai balap,kh balap,kumpulan ceramah kyai balap,kiai balap,kyai balap kopeah beureum,ceramah ki balap,dongeng ki balap,kyai balap cemplang bogor,