Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa harus investasi?

alasan-kenapa-harus-berinvestasi-investasi
Kenapa harus investasi
MangEnjang.com - Di artikel sebelumnya kita sudah bahas apa itu investasi? Sekarang kita bedah mengenai alasan kenapa kita harus berinvestasi.

Secara umum begini, dengan berinvestasi sejak dini, kita dapat melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang yang kita miliki.

Seperti kita tahu, bahwa nilai uang itu menurun setiap tahunnya. Dari mana kita tahu bahwa nilai uang terus menurun setiap tahun?

Kita bisa cek dan ingat-ingat, berapa harga barang dan jasa di tahun 2000 misalnya. Contoh, harga mie instan saat itu berapa? Seingat saya adalah Rp500.

Nah sekarang berapa harga mie instan? Rata-rata harganya Rp2000-an, jadi dalam dua puluh tahun mie instan harganya naik.

Barangnya sebenarnya 'tetap' tapi nilai uangnya yang menurun. Sehingga dengan uang Rp2000, pada tahun 2000 kita akan memperoleh 4 bungkus mie. Nah, sekarang kita hanya akan mendapat 1 bungkus saja!

Kemudian investasi juga mampu membantu memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Semakin dini melakukan investasi, semakin siap pula kita dalam menghadapi tantangan dan risiko-risiko yang mungkin muncul di masa yang akan datang.

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Satu yang pasti adalah bahwa investasi harus dilakukan sedini mungkin.

Mengapa demikian? Alasannya adalah karena setiap orang menginginkan hidup yang nyaman di masa depan atau di masa tuanya nanti. Untuk itu, diperlukan perencanaan keuangan secermat mungkin yang harus dimulai sejak dini.

Nah, itulah kiranya alasan kenapa kita harus berinvestasi. Semoga informasi ini bermanfaat, untuk diskusi, kritik dan saran. Mangga, ketik di kolom komentar! (*)


Referensi:

  • https://youtu.be/_yzh0-Pnl88
  • https://www.most.co.id/belajar-investasi/mulai-investasi/mengapa-harus-berinvestasi