Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengatasi kebiasaan pelupa!


Purwakarta Online - Menjadi orang yang pelupa memang sangat mengesalkan, bisa capek sendiri. Bahkan bisa buat orang lain kesal juga. Sifat pelupa harus bisa dihindari atau jika memungkinkan harus diatasi.

Sifat pelupa bisa menghinggapi siapa saja, ada yang temporer, ada juga orang pelupa yang 'permanen'. Perlu komitmen kuat dari dalam diri sendiri untuk mengatasi sifat pelupa ini.

Jika tidak begitu, mana bisa! Orang lain di luar diri kita mungkin bisa membantu. Tapi ingat, hanya sebatas membantu mengatasi sifat pelupa kita.

Ada banyak cara untuk mengatasi sifat pelupa ini. Mulai dari cara yang kompleks sampai yang simpel. Nah, kali ini kita akan coba mengatasi lupa dengan hal-hal sederhana seperti di bawah ini:

1. Lakukan senam otak

Misal dengan menghafal lirik lagu.

2. Buatlah catatan

Catatan adalah salah satu cara sederhana tapi efektif. Misalnya saat kamu hendak berbelanja ke supermarket. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mencatat apa saja barang belanjaan yang harus kamu beli.

3. Pake Fitur Reminder

Fitur reminder akan membantu kamu untuk mengingat kegiatan yang harus kamu lakukan terutama kegiatan yang ada deadline atau jadwal tertentu.

4. Hindari stress

Memang stres sulit untuk dihindari. Tuntutan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari dapat membuat kita stres. Tapi cobalah untuk mengurangi level stres kamu. Misalnya berhenti memikirkan kecemasan yang belum terjadi. Atau bisa juga dengan meditasi.

5. Tidur berkualitas

Tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres dan overthinking.  Bila kurang tidur,pikiran jadi kurang fokus dan kantuk menyerang. Pastikan kamu tidur cukup selama 7-8 jam ya. Jangan biasakan begadang!

6. Minta bantuan rekan

Kesibukan yang padat di kantor bisa jadi membuat kamu melupakan hal-hal yang harus kamu lakukan. Nah, dalam hal ini sebenarnya kamu bisa bekerjasama dengan rekan satu tim untuk saling mengingatkan. Menjelang deadline, kalian bisa saling follow-up atau mengingatkan pekerjaan apa yang harus dibereskan oleh tim kalian.

Yup, itulah beberpa tips sederhana buat mengatasi sifat pelupa. Praktekkan dan lihat bagaimana hasilnya. Semoga membantu! (*)