Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bupati Purwakarta Resmikan Tajug Tri Bhakti SMPN 1 Pasawahan

Bupati Purwakarta Resmikan Tajug Tri Bhakti (Gambar: IG @anneratna82)
Purwakarta Online - Tajug Tri Bhakti yang berada di lingkungan SMPN 1 Pasawahan diproyeksikan menjadi pusat pendidikan akhlak terpuji dan untuk memperdalam ilmu agama dan umum. Dari tajug ini diharapkan lahir anak-anak Purwakarta yang berkarakter, cerdas, tangguh dan berakhlakul karimah.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada peresmian Tajug Tri Bhakti SMPN 1 Pasawahan di Kecamatan Pasawahan, Purwakarta, Kamis 13 Januari 2022.

Dalam peresmian tersebut juga nampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, jajaran pengajar SMPN 1 Pasawahan, Camat Pasawahan, Kapolsek, Danramil, Kades Pasawahan, Para Kepala Sekolah SMPN se-Purwakarta, serta para tamu undangan.

Bupati Purwakarta juga menyampaikan apresiasi kepada Disdik dan SMPN 1 Pasawahan serta para pihak yang telah membangun Tajug Tri Bhakti ini.

"Pemerintah sangat memaklumi saat ini sedang dalam masa sulit, bisa membangun tajug di masa pandemi ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa," kata Ambu Anne.

Sementara, berkaitan dengan rencana menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Kecamatan Pasawahan. Menurut Ambu Anne, saat ini vaksinasi anak usia 6-11 tahun di wilayah tersebut sudah mencapai 79 persen. "Dan ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya agar terus mengupayakan vaksinasi anak bisa dipercepat sampai minggu depan," ujar Ambu Anne.

Ambu Anne juga kembali mengingatkan agar para siswa juga harus bisa tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak boleh ada yang melanggar, sebab dunia pendidikan harus menjadi yang terbaik dalam penerapan prokes sebagai contoh untuk keluarga dan masyarakat.

Dalam agenda tersebut, Ambu Anne juga memberikan bantuan program Beas Kaheman secara simbolis kepada siswa yang kurang mampu, dimana beras ini berasal dari sumbangan para siswa yang mampu sebanyak satu gelas setiap siswanya.

Usai giat di SMPN 1 Pasawahan, Bupati Purwakarta melanjutkan agenda untuk menyaksikan ajang kreativitas dari para guru dan siswa di SMPN 1 Bungursari, yaitu membuat batik ecoprint.

Kerajinan batik tersebut dibuat tanpa menggunakan zat kimia. Semuanya dibuat dari bahan-bahan alami, pewarnanya juga alami. "Prosesnya luar biasa, ini adalah yang pertama di Kabupaten Purwakarta. Pemerintah akan support ini melalui Dinas Pendidikan," kata Ambu Anne.

Kedepan, kita rencanakan juga agar dibuatkan ruang produksi yang representative agar produksinya lebih banyak dan lebih maksimal.

"Tentu kita juga bantu dalam hal pemasarannya melalui Galeri Menong dan juga gerakan-gerakan kita dalam upaya pemulihan ekonomi daerah. Terima Kasih kepada para guru, tutor, kepala sekolah dan tentu saja Dinas Pendidikan yang telah menghasilkan industri kreatif yaitu batik ecoprint di SMPN 1 Bungursari," kata Ambu Anne.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan bahwa batik ecoprint adalah salahsatu produk hasil implementasi program Tatanen di Bale Atikan.

Menurutnya, melalui program ini, Disdik mendorong setiap sekolah mempunyai keunikan dan keunggulan masing-masing sesuai potensi yang dimiliki oleh sekolah.

"Hal demikian tidak lepas dari visi Sekolah Merdeka berkreasi dan produksi, selain menyadarkan kesadaran hidup ekologi, Program Tatanen di Bale Atikan berorientasi pada bagaimana siswa kita kreatif dan produktif di sekolahnya masing-masing. Hari ini kita menyaksikan betapa hebatnya SMPN 1 Bungursari," demikian Purwanto.(Diskominfo Purwakarta)