Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lagi-lagi Kopi Excelsa menambah perbendaharaan kopi Purwakarta #KopiPurwakarta

kopi-sunda-purwa-purwakarta-excelsa
Roastbean Kopi Excelsa, Sunda Purwa, Purwakarta
MANGENJANG.COM - Purwakarta kembali hadirkan kejutan di dunia kopi. Eksplorasi yang berkelanjutan menghasilkan temuan-temuan menarik.

Setalah sebelumnya di Purwakarta ada Kopi dengan varietas Arabika, Robusta dan Liberika, kini hadir pula kopi Excelsa. Meskipun excelsa masuk ke dalam keluarga kopi varietas Liberika, namun memiliki citarasa yang khas dan tidak bisa dianggap sama dengan Liberika.

Cherry Kopi Excelsa

Kopi Excelsa ini Cherry-nya mirip dengan Liberika, relatif besar namun lebih bulat. Sepintas tampak seperti kopi varietas Robusta namun dengan ukuran yang lebih besar.

Daging Buah Excelsa

Jika Cherry dikupas, daging buah tebal seperti Kopi Liberika. Harumnya juga beraroma nangka, sama seperti kopi Liberika, hanya aroma nangkanya itu tidak sekuat Liberika.

Gabah Basah Excelsa

Dari bentuknya, gabah basah kopi Excelsa yang telah dibersihkan daging buahnya, akan tampak mirip kopi Robusta, cenderung lebih bulat. Jika liberika bentuknya lebih memanjang.

Greenbean Excelsa

Greenbean Excelsa agak mirip dengan Robusta, tapi berukuran lebih panjang dan lebih besar. Tetapi jika dibandingkan dengan Liberika, masih lebih panjang kopi liberika.

Roastbean Kopi Excelsa

Setelah diroasting, kopi tentu jadi lebih mengembang. Maka bentuk kopi Excelsa setelah diroasting tampak lebih bulat dan panjang.

Citarasa Kopi Excelsa

Jika roastbean yang telah digiling (ground), saat dicium aromanya ada sedikit wangi nangka, seperti kopi liberika. Tetapi setelah diseduh maka jelaslah perbedaannya. Kopi Excelsa memiliki citarasanya sendiri.

Gahar dan pekat, dengan body kuat sebagaimana kopi liberika. Tetapi saat dicicipi, setelah ditelan maka akan muncul rasa manis yang khas. Citarasa manis yang hanya bisa ditemukan dalam kopi excelsa.

Kopi Excelsa adalah Barang Langka

Bagi yang mau mencicipi, barangkali masih ada stok bisa menghubungi Wulan Astuti di Purwakarta. Kopi Excelsa yang ada di Purwakarta adalah kopi excelsa yang tumbuh sejak jaman kolonial, meskipun saat ini adalah pohon-pohon kopi yang tumbuh liar atau petetan.

Saat ini, kopi Excelsa dikemas dan dipasarkan dibawah brand Kopi Sunda Purwa. Karena merupakan kopi asli yang ditanam di Purwakarta. (enjs)