Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inovasi terbaru, inilah 3 Langkah Penerapan Social Media Listening Tools untuk Marketing!

social media listening tools
Social media listening tools
MANGENJANG.COM - Ini dia inovasi terbaru, bagaimana dengan menggunakan social media listening tools akan membantu Anda untuk berbagai tujuan.

Salah satunya adalah meriset kebutuhan konsumen, tentu ini sangat penting untuk melambungkan bisnis anda.

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan pengumpulan data terlebih dulu sebelum mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Menurut Tech Target, ada tiga langkah utama yang dapat diterapkan dalam social listening untuk marketing, antara lain:

1. Pemantauan

Pemantauan atau monitoring bertujuan untuk mendapatkan data-data yang berkaitan dengan penyebutan produk atau brand, keyword yang dipakai, hingga performa kompetitor.

Dulu, langkah ini dilakukan secara manual. Namun, kehadiran tools khusus social listening telah membantu para pebisnis memperoleh informasi yang diperlukan.

2. Analisis

Begitu semua informasi tadi terkumpul, teruskan dengan analisis. Tujuannya adalah menganalisi kumpulan data, terutama yang sehubungan dengan minat pelanggan dan kualitas layanan.

Dari data-data ini pula Anda akan menemukan tren dan pola masyarakat saat menggunakan produk yang Anda tawarkan melalui bisnis yang dijalankan.

3. Respons

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memberikan respons. Caranya pun beragam, misalnya menanggapi unggahan pelanggan di media sosial, website, maupun marketplace.

Selain itu, Anda dapat memposisikan strategi terhadap merek atau produk yang dijual agar mendapatkan audiensi yang sesuai.

Butuh bantuan memakai social media listening tools untuk marketing? Anda dapat mengandalkan Matamaya sebagai partner terpercaya agar data-data yang diperoleh akurat dan rapi. ***