Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Universitas Swasta di Bandung yang Murah Ternyata 43,1 Persen Lulusannya Sudah Bekerja Sebelum Wisuda!

universitas-swasta-di-bandung-yang-murah
Universitas swasta di Bandung
Purwakarta Online - Beberapa bulan lagi adalah masa pendaftaran kuliah, banyak diantaranya yang kebingungan mencari atau memilih mau kuliah di mana. Ada banyak universitas swasta di Bandung, yang negerinya juga banyak.

Kuliah tentu berbeda dengan sekolah, apa yang didapatkan di masa perkuliahan sangat bergantung dari cara kita sendiri menjalani perkuliahan. Seingat penulis saat masa di sekolah, cara mengajar para guru benar-benar berpengaruh signifikan.

Menurut penulis, kuliah itu seperti belajar di pondok pesantren, mahasiswa memilih sendiri apa yang mau dia dalami. Menentukan apa yang ingin ia dapatkan dari perkuliahan.

Memang ada kampus-kampus tertentu, yang dikatakan sangat bergengsi dan mahal. Tapi kenyataannya tidak menentukan tingkat kesuksesan mahasiswanya. Malah, ada banyak Universitas Swasta di Bandung yang sangat berkualitas, dalam pandangan subjektif saya sendiri.

Sepeti Ma'soem University, yang pada tahun lalu (2021) secara mengejutkan, sebanyak 43,1 Persen lulusannya telah mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum mereka diwisuda.

Bisa dibilang, universitas swasta yang biayanya murah belum tentu berkualitas rendah. Sekali lagi, tergantung bagaimana kita sendiri yang menjalani perkuliahan.

Kampus ini dikenal sangat kuat dalam kultur wirausaha, religiusitas, teknologi dan bisnis, sangat sesuai dengan tantangan jaman. Saat kita lulus dan melangkah keluar kampus menuju 'dunia nyata', kita tidak akan terasing dan siap tempur.

Bicara mengenai Ma'soem University, memang kampus yang pada mulanya didirikan dengan nama AMIK Al Masoem ini sudah lama dikenal mampu menyalurkan lulusannya di banyak bidang bisnis.

Untuk Ma'soem Group saja banyak sekali bidang usaha yang dimiliki, yang tentunya bisa diincar oleh lulusan Ma'soem University. Adapun unit usaha yang dimiliki oleh Al Masoem antara lain :
  • Dunia Migas, seperti SPBU Pertamina
  • SPPBE, Elpiji
  • Air Minum dalam Kemasan yang dikenal dengan merk Air Minum Al Masoem
  • Bank Syariah, diantaranya BPRS Al Masoem
  • Apotek Al Masoem
  • Bengkel, bidang Otomotif seperti Kios Mesran Al Masoem
  • Periwisata & Perhotelan, seperti Hotel Jatinangor, Emaki Al Masoem dan banyak lagi.
Seingat penulis, kadang-kadang biaya hidup yang justru mahal, maksudnya biaya-biaya seperti makan, tempat tinggal (kos-kosan) dan aktivitas harian di luar kegiatan kampus. 

Untuk kamar kos-kosan dengan (maaf) ruang kecil saja harga per bulannya sangat mahal untuk di wilayah Bandung itu. Tapi ada juga kampus yang secara luar biasa menyediakan fasilitas tempat tinggal yang sangat nyaman, lingkungannya tidak urakan dan (maaf lagi) rawan pergaulan bebas atau narkoba. Kemudian yang paling penting harganya itu sangat terjangkau!

 
Memang ada banyak pilihan universitas swasta di Bandung, tapi bijaklah dalam memilih, sesuaikan program studi yang tersedia dengan apa yang kita dibutuhkan.

Memang tidak sedikit universitas swasta di bandung yang murah, tapi akan cukup mendukung jika 'budaya kampus' yang dimaksud sesuai dengan kebutuhan kita yang akan menjalani perkuliahan itu sendiri. Jadilah dirimu yang siap menyongsong masa depan!