Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pembinaan BUM Desa di Kecamatan Kiarapedes

pembinaan-bumdes-desa-bakti-sembilan-jaya-taringgul-landeuh-purwakarta-online-bum

Purwakarta Online - Tim dari unsur Kecamatan Kiarapedes dan Pendamping Desa melakukan pembinaan dan evaluasi BUM Desa se-kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Untuk hari ini, Kamis (10/3/2022) pembinaan di BUM Desa Bakti Sembilan Jaya, Desa Taringgul Landeuh, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

Yang menjadi objek pembinaan adalah SDM, Administrasi, Unit Usaha dan pelaporan.

Pendamping Desa Kecamatan Kiarapedes, Muhamad Supenda Griana, ST., menyatakan langkah 'jemput bola' ini dilakukan untuk membantu BUM Desa.

"Pendampingan sekarang bersama tim kecamatan, apa yang menjadi kendala kita perlu selesaikan bersama. Kami hadir sebagai langkah 'jemput bola', jika ada kendala yang sama di semua BUMDes kita akan berkumpul bersama," kata Penda.

Penda menerangkan, jika saat ini setelah lahir Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021, BUM Desa saat ini harus menyesuaikan.

Dengan begitu perlu dilakukan Musyawarah Desa (Musdes), untuk membuat penyesuaian dokumen-dokumen BUM Desa.

"Seperti pendaftaran hukum, diperlukan peralihan, menyesuaikan ke PP 11. Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Perdes hingga Proker harus menyesuaikan, dan ini lumayan tidak mudah. Nah, kita bisa bareng-bareng buat draft bersama, nanti saat BUM Desa pulan dibawa ke desa untuk bahan Musdes," terang Penda. (*)