Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri orang toxic!


Purwakarta Online - Toxic people merupakan orang-orang “beracun” yang suka menyusahkan dan merugikan oranglain, baik secara fisik maupun emosional, berikut ciri-cirinya.

1. Hanya mau senangnya saja

Salah satu ciri toxic people yang bisa Anda rasakan adalah mereka tidak ada buat Anda saat Anda membutuhkannya. Namun, mereka selalu memaksa Anda untuk menolong mereka saat mereka dilanda kesusahan. Tidak sampai di situ saja, jika mereka memang telah membantu Anda, hal tersebut akan dibahas dan diungkit terus-terusan. 

2. Tidak berempati pada Anda

Jangan mengharapkan orang negatif untuk sepenuhnya memahami diri Anda. Toxic people merupakan salah satu ciri orang yang tidak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain. Misalnya Anda sedang menceritakan masalah Anda. Bukannya mendukung dan menghibur, mereka mungkin justru sibuk menghakimi dan menyalahkan Anda.

3. Suka mengontrol dan memanipulasi orang lain

Hal yang paling menyebalkan dari toxic people adalah mereka suka berusaha mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka akan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka akan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga tidak ragu untuk berbohong dan berkelit dengan sejuta alasan bila kebohongannya terkuak.

4. Tidak mau mengakui kesalahan atau minta maaf

Selain menyebalkan dan merugikan Anda, toxic people tidak bisa minta maaf, meski mereka sudah jelas-jelas salah. Mereka akan menganggap kesalahan mereka itu disebabkan oleh orang lain. Dalam banyak kasus, mereka mencoba untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka sendiri, mereka mencoba untuk memperoleh simpati dan perhatian dengan cara berpura-pura sebagai korban alias play victim.

5. Merendahkan atau meremehkan Anda

Apapun kesuksesan atau keberhasilan yang Anda punya, toxic people akan selalu menyangkal dan membuat Anda kesal. Ketika ia tahu Anda berhasil dan mendapat suatu pencapaian, ia secara tidak langsung akan membanding-bandingkan secara negatif dengan orang lain atau dirinya sendiri, atau bahkan menjatuhkan Anda. Intinya, ia tidak senang atas keberhasilan yang Anda miliki dan mencoba untuk merendahkan Anda.

Sumber : hellosehat