Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bertemu Ular! Apa Yang Harus Kita Lakukan?


Purwakarta Online - Setelah kita fahami dengan seksama 21 Fakta Tentang Ular. Sekarang kita harus tahu apa yang harus kita lakukan, jika tiba-tiba bertemu dengan ular?

Salah-salah, kita bisa jadi korban gigitan ular! Nauzubillah!

Ya, entah kapan atau di mana, mungkin saja kita bertemu dengan ular. Dalam kondisi panik, situasi bisa menjadi sangat berbahaya. Karena jarang sekali orang yang selalu siap dengan situasi seperti ini.

Mungkin di kebun, di hutan, di sawah, di jalan atau bahkan di rumah. Bisa saja ular 'menemui' kita di mana pun. Karena apa? Kita tahu banyak habitat ular yang rusak akibat ulah manusia. Sehingga ular-ular tersebut mencari lokasi baru yang nyaman untuk ia tinggali.

Baiklah inilah 4 hal yang harus kita lakukan jika tiba-tiba bertemu dengan ular:

1. Tidak melakukan gerakan apapun. Diam! Boleh berteriak, tapi sambil berdiri seperti patung. 

2. Amati kemana ular pergi. Ular tidak akan mengejar, yang penting kita diam tidak bergerak.

3. Ketika ular mulai kabur, segera hubungi Damkar atau penangkap ular (animal rescue)

4. Jika berani, ambil ember, lalu tutup pelan-pelan ular tersebut. Dari arah kepalanya, pelan-pelan supaya ular tidak mendetect gerakan cepat.

Nah, itulah 4 hal yang harus kita lakukan jika bertemu dengan ular. Satu lagi, kebanyakan kita tidak tahu mana ular berbisa dan mana ular yang tidak berbisa. Oleh karena itu, sebaiknya tetap waspada setiap kali bertemu ular. (*)

*Dari Asep Dea