Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2 Langkah Cara Mengatasi Anak Hiperaktif


Purwakarta Online - Bagaimana cara mengatasi anak hiperaktif? Pasti membutuhkan kesabaran agar Anda bisa mengendalikannya dengan cara yang tepat.

Orangtua perlu memperhatikan perilaku yang tidak biasa atau tidak sopan pada anak. Kalau itu terjadi sesekali dalam situasi tertentu, hal ini bisa jadi masih terbilang normal. Ini berkaitan dengan hal yang penting, karena cara mengatasi anak yang hiperaktif harus dengan teknik yang cukup spesifik.

Namun kalau anak terlihat kesulitan berkonsentrasi di sekolah dan di rumah secara konisten, orangtua perlu mengetahui cara menenangkan yang tepat. Ya, tentu saja sebelum anda sendiri kewalahan, simak dengan seksama cara mengatasi anak hiperaktif di bawah ini.

Berikut beberapa cara mengatasi anak hiperaktif:

1. Jauhkan dari hal yang mengganggu konsentrasi

Anak hiperaktif sangat sulit berkonsentrasi. Maka, sangat penting untuk orangtua mengatur suasana yang nyaman saat si kecil mengerjakan PR atau tugas harian di rumah.

Hindari untuk memaksanya untuk duduk tenang, karena hal ini justru akan membuat ia semakin gelisah. Untuk mengurangi distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi, tempatkan anak jauh dari jendela, pintu, atau segala hal yang bisa menjadi sumber kebisingan.

2. Jadwalkan olahraga

Aktivitas fisik atau berolahraga bisa menjadi cara untuk menjaga keseimbangan konsentrasi anak hiperaktif. Olahraga yang bisa menjadi pilihan yaitu, bersepeda, berlari, atau karate. Ini membantu anak untuk belajar mengatur energi, belajar disiplin, dan kontrol diri. (*)