Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pola Hidup Sehat Lansia


Purwakarta Online - Pola hidup sehat adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mauserta mampu melakukan perilaku hidup sehat. Gaya hidup sangat mempengaruhi penampilan untuk menjadi awet muda dan panjang umur atau sebaliknya.

Mengatur pola makan setelah berusia 40 tahun keatas, sangatlah penting. Asupan gizi seimbang sangat diperlukan tubuh jika ingin awet muda dan berusia lanjut dalam keadaan tetap sehat.

Tidak dapat disangkal, banyak kendala yang dihadapi manusia saat memasuki pertambahan usia dan mulai menua. Terutama bila sejak muda tidak menerapakan pola hidup sehat atau sudah terserang beragam penyakit seperti stroke, hipertensi, jantung, dsb (Tjokoparawiro, 2008).

Masa tua bagi sebagian masyarakat adalah masa-masa yang menakutkan oleh karena itu berbagai upaya dilaukan untuk menyiapkan investasi kesehatan di usia tua.

Penuaan adalah sebuah prose salami. Setiap orang akan mengalami fase yang mengarah kepada penuaan. Seseorang dianggap berhasil menjalani proses penuaan jika dapat terhindar dari berbagai penyakit, organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik, serta kemampuan berfikirnya/ kognitif masih tajam.

Para usila yang berhasil mempertahankan fungsi gerak dan berfikirnya dianggap berhasil menghadapi penuaan sehingga dapat bekerja aktif terutama disektor informal.

Mereka biasanya dapat berbagi pengalaman dan telah mencapai tahap perkembangan psikologis dimana mereka dianggap bijaksana menyikapi kehidupan dan mendalami kehidupan spiritual.

Agar tetap aktif sampai tua, sejak muda seseorang perlu melakukan mempertahankan kemudian pola hidup sehat dengan menkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik/

olahraga secara benar dan teratur dan tidak merokok (waluyo, 2008).

Kondisi umum lansia di PSTW Budi Luhur Jambi Lansia masih enggan mengatur pola hidup sehat mereka seperti mengatur pola makan, istirahat dan olahraga sehingga rentan terkena penyakit diabetes militus atau kencing manis, penyakit jantung, hipertensi, kanker atau keganasan dll.

Lansia di PSTW budi luhur Jambi lebih suka mengkonsumsi obat farmakologi ketimbang merubah pola hidup sehat mereka, lansia masih belum sadar akan pola hidup yang sehat, lansia masih suka merokok, begadang, dan meminum obat tidak sesuai anjuran.

Dan juga lansia lebih sering mengkonsumsi makanan yang dibeli diluar ketimbang dengan makanan yang disediakan di panti, lansia merasa hambar dengan makanan yang ada dipanti. (*)

Sumber:
Vevi Suryenti Putri, Fitriyani, M.Ilham. 2019. Pola Hidup Sehat Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Luhur Jambi. Prodi S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi.