Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Camat Kiarapedes: Optimalkan BUM Desa untuk memudahkan warga membayar pajak!

Musdes Penetapan RPJM Desa Ciracas
Purwakarta Online - Camat Kiarapedes, Drs. H. Diaudin, M.Si., sarankan Pemerintah Desa Ciracas Kecamatan Kiarapedes untuk optimalisasi BUM Desa dalam rangka memudahkan masyarakat desa membayar pajak.

Disampaikan H. Diaudin dalam Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) Ciracas pagi ini, Jumat (31/12/2021).

H. Diaudin melihat jauhnya jarak desa Kiarapedes dengan lokasi tempat pembayaran pajak terdekat, yaitu di Bank BJB yang berada di Kecamatan Wanayasa.

Selain memudahkan masyarakat membayar pajak, BUM Desa juga berpotensi mendapatkan keuntungan sebagai loket pembayaran.

"Jauh-jauh ka (Bank) BJB, mending ka BUM Desa pak! Kauntungan BUM Desa oge ngkin uih deui ka masyarakat desa," kata H. Diaudin.

BUM Desa untuk Kemandirian Desa

Kemajuan BUM Desa akan menjadi keuntungan jangka panjang bagi masyarakat desa. Menurut H. Diaudin, sudah banyak contoh, bagaimana BUM Desa sudah mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang besar.

Oleh karena itu, kemajuan BUM Desa bisa menjadi usaha kemandirian desa. Dengan PADes yang besar dan kontinyu, maka desa tidak akan lagi bergantung pada anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

"Dimana lamun geus euweuh Dana Desa oge, urang teh (Desa) moal ringrang, sabab geus bisa nyukupan APBDes na sorangan," ujar H. Diaudin.

Menyinggung mengenai program Stunting, menurut H. Diaudin program dari pemerintah pusat ini berorientasi untuk kemajuan dan peningkatan kualitas manusia Indonesia di masa depan.




(enjs)