Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Petani Purwakarta apresiasi penyuluh dan pegawai dinas yang rajin ke lapangan


petani-purwakarta
Muhamad Iwan, S.Hut., (kanan) bersama KTH Pusaka Tani, Kamis (12/9/2019).
PurwakartaOnline.com - Muhamad Iwan, S.Hut., Penyuluh Kehutanan untuk Kecamatan Wanayasa dan Kiarapedes, blusukan menemui Kelompok Tani Hutan (KTH), yang ada di Kiarapedes dan Wanayasa.

"Saya keliling terus, mencari KTH-KTH di wilayah saya (Kiarapedes dan Wanayasa)", ujar Iwan.

Apa yang dilakukannya adalah untuk menggali potensi kelembagaan KTH dan potensi kehutanan yang ada di wilayah tugasnya.

"Sentuhan pemerintah itu kan perlu dibantu oleh KTH. Karena lembaga ini yang berhubungan langsung dengan masyarakat petani hutan. Optimalisasi potensi kehutanan dan kendala yang ada di lapangan itu mereka (KTH) yang jadi ujung tombak", terang Iwan.

Sementara itu, KTH Pusaka Tani yang ada di Desa Pusakamulya mengaku sangat terkejut dengan apa yang terjadi akhir-akhir ini. Pemerintah melalui para penyuluh dan pegawai dinas terkait sangat rajin turun ke lapangan.

"Kami sabagai petani, merasa sangat terhormat atas datangnya para penyuluh dan pegawai dinas. Ini baru akhir-akhir sekarang, kami merasa senang", terang Saepudin, anggota KTH Pusaka Tani.

Lanjut Za'enx menjelaskan, para pegawai saat ini tidak segan-segan terjun langsung ke hutan. Menurutnya seperti tidak ada lagi sekat antara petani dan pegawai. (bdr)

"Apa yang kami lakukan di hutan, benar-benar dilihat langsung oleh pemerintah (penyuluh dan pegawai dinas terkait). Hal luar biasa menurut saya, sangat terasa kebersamaannya", terang Za'enx, Ketua KTH Pusaka Tani menjelaskan. (bdr)