Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kasus-kasus mati akibat mabuk kecubung

mati-mabuk-kecubung

PurwakartaOnline.com - Entah iseng, suka eksperimen, pecandu mabuk, penelitian atau gak punya duit tapi pengen mabok, ada orang yang salah-salah tanaman kecubung buat mabok. Bagian tanaman kecubung yang biasa disalahgunakan untuk mabok adalah daun dan biji.

Ada yang jadi 'sinting' sesaat, muntah darah, lemas, ada juga yang sampai mati. Berikut adalah kasus kematian akibat mabok pakai kecubung:

Garut 


Pemuda bernama Cepi Mubarok, berusia 21 tahun kala itu meninggal akibat mabok daun kecubung rebus selama 3 hari. Tanggal 23 Oktober 2013, di Desa Mekarjaya, Bungbulang, Garut. (Sindonews.com, 1/11/2013).

Tapin, Kalimantan Selatan


Empat wanita mabuk kecubung, yang 1 orang bernama Husna meninggal dunia. Sedangkan 3 temannya selamat, setelah semuanya dilarikan ke Rumah Sakit. Menurut keterangan para korban, mereka diberi sebuah minuman soda yang dicampur dengan biji kecubung oleh seseorang di sebuah warung, tapi bukan minuman keras atau pun miras oplosan. (Tribunnews, 25/4/2018)

Bungursari, Tasikmalaya


Rahmat (16 tahun), dipaksa temannya menghisap rokok kecubung. menjadi linglung, ketawa sendiri. Akhirnya meninggal setalah Rahmat sakit selama 15 hari. (RMOL, 18/5/2011). Diracik oleh temannya, biji kecubung yang dicampur dengan daun putri malu. Rahmat menghabiskan 2 linting rokok kecubung, bersama 3 temannya.

Banyuwangi, Jawa Timur


Siswa Madrasah Tsanawiyah tewas setelah minum miras dioplos dengan biji kecubung. Ditemukan di kali, kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Blambangan. (Liputan6, 19/2/2015)

Sukaraja, Sukabumi


Delapan orang hampir tewas dilarikan ke Rumah Sakit setalah mabuk lalap daun kecubung, satu orang muntah darah. Salah memetik lalapan di halaman rumah, dikira daun Jabung ternyata daun kecubung. (detikNews, 5/8/2015). (*)