Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pelatihan Pembangunan Manusia di Kecamatan Kiarapedes dan Wanayasa


Purwakarta Online – Pelatihan Pembangunan Manusia menekankan tentang betapa pentingnya untuk mencegah stunting, bahkan kedepan bisa didanai dari Dana Desa, melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Di setiap desa terdapat satu orang Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM), yang memiliki peran untuk memastikan tersedianya kegiatan pelayan sosial dasar bidang kesehatan dan pendidikan di desa, serta memastikan masyarakat terutama ibu hamil dan Bayi usia dibawah dua tahun (Baduta) memperoleh layanan tersebut secara konvergen.

“KPM ini memiliki tugas diantaranya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap stunting melalui pengukuran tinggi badan Baduta, agar terdeteksi dini stunting dengan tingkat pertumbuhan”, ujar Rendra Bagus Cahyono, Pendamping Lokal Desa di Kecamatan Kiarapedes.

Isu stunting tidak bisa ditangani satu pihak, perlu kerjasama intensif berbagai pihak disamping pemerintah, diantaranya TPID, KPM, Pemerintah Desa, Kader Posyandu dan banyak pihak lainnya.

“Perlu diketahui masyarakat mengenai tugas dari KPM, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, serta Tenaga Ahli PSD, berkaitan dengan isu stunting dan program yang akan dilaksanakan di Desa. (Pelatihan) ini salah satu momentumnya", ungkap Asep Eka Permana, Pendamping Lokal Desa di Kecamatan Wanayasa. (Enjs)