Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gempa Bumi Berkekuatan 7,4 Skala Richter Guncang Taiwan: Sembilan Orang Tewas, Ratusan Lainnya Terluka

Gempa Bumi Berkekuatan 7,4 Skala Richter Guncang Taiwan: Sembilan Orang Tewas, Ratusan Lainnya Terluka
Taiwan Gempa Bumi
MangEnjang.com - Sebuah gempa bumi hebat dengan kekuatan mencapai 7,4 skala Richter mengguncang pantai timur Taiwan pada Rabu (03/04), mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan yang signifikan. Data yang diterima menyebutkan bahwa setidaknya sembilan orang telah kehilangan nyawa mereka dalam tragedi ini, sementara jumlah korban luka-luka tercatat mencapai 711 orang. Bahkan, masih ada 127 orang yang terjebak di beberapa lokasi.

Gempa yang terjadi membuat beberapa bangunan di Hualien, kota terdekat dengan pusat gempa, roboh. Upaya penyelamatan saat ini sedang berlangsung di kota tersebut.

"Getaran gempa dirasakan hingga ke wilayah pegunungan di pedalaman Taiwan, yang ditandai dengan tanah longsor berskala besar," kata Wu Chien Fu, direktur Pusat Seismologi Taipei. Menurutnya, gempa ini merupakan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir di Taiwan.

Survei Geologi AS melaporkan bahwa pusat gempa terletak sekitar 18km di selatan kota Hualien, Taiwan. "Ini adalah gempa bumi terkuat di Taiwan dalam 25 tahun terakhir," kata pihak berwenang.

Warga Negara Indonesia (WNI) di Taiwan Mengalami Dampak

Menurut Judha Nugraha, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, tidak ada laporan korban WNI akibat gempa atau tsunami hingga Rabu (03/04) sore. Namun, terdapat sekitar 3.343 WNI di Hualien, sebagian besar di antaranya adalah Pekerja Migran Indonesia.

Pengalaman WNI Saat Gempa

Berdasarkan cerita dari beberapa WNI yang berada di Taiwan, seperti Cladwin Aurelliano, mahasiswa asal Indonesia di National Dong Hwa University, gempa tersebut sangat terasa di kota Hualien. Meskipun sudah terbiasa dengan gempa, Cladwin merasa gempanya tidak seperti biasanya. Sejumlah mahasiswa lain juga merasakan dampaknya, termasuk kepanikan dan kewaspadaan terhadap gempa susulan.

Peringatan Tsunami dan Dampaknya

Otoritas telah memperingatkan kemungkinan adanya tsunami setinggi tiga meter. Namun, Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan bahwa ancaman tersebut telah berlalu. Dampak gempa ini juga dirasakan di industri, di mana perusahaan semikonduktor besar, TSMC, telah mengevakuasi beberapa pabriknya demi keselamatan karyawannya.

Kondisi dan Kerusakan Akibat Gempa

Di ibu kota Taipei, beberapa bangunan tempat tinggal dilaporkan roboh, dan orang-orang dievakuasi dari rumah dan sekolah mereka. Pemadaman listrik dan pemadaman internet dilaporkan terjadi di seluruh wilayah tersebut.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter yang melanda Taiwan telah menyebabkan kerusakan serius dan menimbulkan ketakutan di antara penduduk setempat, termasuk WNI yang berada di sana. Upaya penyelamatan dan pemulihan saat ini masih berlangsung di tengah kondisi darurat. Semoga korban dapat segera mendapatkan bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan.***