Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KTH Barong Mulya Ajak Masyarakat Tanam Pohon, Ternyata Dampaknya Luar Biasa Untuk Umat Manusia!

kth Barong Mulya penanaman pohon
Saepudin, Ketua KTH Barong Mulya 
MANGENJANG.COM, Purwakarta - Kelompok Tani Hutan (KTH) Barong Mulya mengajak anggotanya untuk menanam pohon. Dengan alasan kemanusiaan, kemudian ekonomi dan sosial.

Sebagai lembaga, KTH Barong Mulya mempermudah anggotanya untuk menanam pohon. KTH menangkarkan dan anggota menyiapkan lahan.

Ketua KTH Barong Mulya, Saepudin mengungkapkan banyak manfaat positif dari penanaman pohon. Mulai dari dampak bagi individu hingga umat manusia secara keseluruhan.

"Untuk sekup kecil, sebagai individu menanam pohon bermanfaat secara ekonomi. Jika mau berpikir lebih jauh, manfaatnya lebih luar biasa lagi, untuk kelangsungan umat manusia di planet ini," terang Saepudin atau yang akrab disapa Ben ini kepada Purwakarta Online, Sabtu (19/11/2022).

Motivasi menanam pohon setiap orang mungkin berbeda, namun secara umum manfaatnya berkaitan satu sama lain, tidak hanya berdampak bagi individu saja atau bagi lingkungan saja.

"Anda tanam pohon, seratus saja, mungkin perlu biaya hanya sekian (tidak terlalu besar), tapi 3 tahun anda sudah bisa penjarangan, jual sebagian, itu manfaat secara ekonomi. 5 tahun lagi, jual lagi, jadi uang lagi. Apalagi jika pada penebangan pertama anda investasikan lagi sebagian, ini jadi sumber ekonomi berkelanjutan," terang Saepudin.

Lebih jauh, Saepudin mengingatkan akan pentingnya penanaman pohon untuk umat manusia di seluruh dunia. Karena sadar atau tidak sadar, kondisi lingkungan di garis ekuator bumi akan berdampak pada kelangsungan kehidupan di planet bumi.

"Kita tahu kita (Indonesia) ada di khatulistiwa, (planet) bumi bergantung kepada kita dalam urusan paling mendasar untuk kehidupan manusia, seperti oksigen, udara, suhu bumi dan lain sebagainya. Penanaman kita di sini adalah sedekah untuk bumi dan makhluk hidup di dalamnya," lanjut Saepudin.

Mengutip dari Lindungi hutan.com, berikut adalah daftar manfaat dari penanaman pohon:

1. Mengurangi Dampak Pemanasan Global

2. Memberi Oksigen bagi Kita Semua Termasuk Salah Satu Manfaat Menanam Pohon

3. Menyediakan Tempat Tinggal Hewan

4. Manfaat Menanam Pohon dapat Mencegah Banjir

5. Mencegah Erosi

6. Mengurangi Zat Pencemar Udara

7. Menyimpan Air Hujan dan Menjaga Cadangan Tanah

8. Menjaga Tingkat Kesuburan Tanah

9. Pohon Dapat Mengendalikan Suhu

10. Membuat Udara Sekitar Menjadi Lebih Segar dan Sehat

11. Menjaga Kesehatan Mental

12. Menciptakan Potensi Lapangan Kerja