Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SINOPSIS Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, film kualitas Wahid dengan latar Hindia Belanda tahun 30-an, adaptasi novel karya Buya Hamka!

sinopsis-film-temggelamnya-kapal-van-der-wijck
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, diadaptasi dari Novel karya Buya Hamka
MangEnjang.com | Bandung - Inilah sinopsis film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, sebuah karya jempolan dalam perfilman Indonesia.

Dari sinopsisnya saja, kita akan melihat betapa dalam dan kuatnya cerita dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini.

Bukan main, cerita dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck diadaptasi dari sebuah Novel Tokoh Bangsa Indonesia, yaitu Buya Hamka.

Menonton film ini anda akan memiliki perspektif lebih dalam memaknai kemerdekaan bangsa Indonesia.

Memang tidak gamblang, namun unsur nasionalisme disisipkan dalam film ini.

Sinopsis Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Berlatar tahun 1930-an, dari tanah kelahirannya Makassar, Zainuddin yang diperankan oleh Herjunot Ali berlayar menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh, Padang Panjang.

Di sana, ia bertemu dengan Hayati (diperankan oleh Pevita Pearce), seorang gadis cantik jelita yang menjadi bunga di persukuannya.

Kedua muda-mudi itu jatuh cinta. Namun, adat dan istiadat yang kuat meruntuhkan cinta mereka berdua.

Zainuddin hanya seorang melarat yang tak bersuku; karena ibunya berdarah Makassar dan ayah berdarah Minang, statusnya dalam masyarakat Minang yang matrilineal tidak diakui.

Oleh sebab itu, ia dianggap tidak memiliki pertalian darah lagi dengan keluarganya di Minangkabau.

Sedangkan Hayati adalah perempuan Minang santun keturunan bangsawan.

Pada akhirnya, lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hayati dipaksa menikah dengan Aziz (diperankan oleh Reza Rahadian), laki-laki kaya terpandang yang lebih disukai keluarga Hayati daripada Zainuddin.

Kecewa, Zainuddin pun memutuskan untuk berjuang, pergi dari ranah Minang dan merantau ke tanah Jawa demi bangkit melawan keterpurukan cintanya.

Zainudin bekerja keras membuka lembaran baru hidupnya. Sampai akhirnya ia menjadi penulis terkenal dengan karya-karya masyhur dan diterima masyarakat seluruh Nusantara.

Tetapi sebuah peristiwa tak diduga kembali menghampiri Zainuddin. Di tengah gelimang harta dan kemasyhurannya, dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati, kali ini bersama Aziz, suaminya.

Pada akhirnya, kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya; Hayati pulang ke kampung halamannya dengan menaiki kapal Van der Wijck.

Di tengah-tengah perjalanan, kapal yang dinaiki Hayati tenggelam. Sebelum kapal tenggelam, Zainuddin mengetahui bahwa Hayati sebetulnya masih mencintainya.

Video Sinopsis Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck