Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Publikasi APBDes 2022 Desa Taringgul Landeuh Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta

pembinaan-bumdes-baligo-apbdes-2022-purwakarta-online-desa-taringgul-landeuh-kiarapedes-bumdes-bum
Tim Ekbang Kecamatan Kiarapedes, Pemdes Taringgul Landeuh, BUM Desa dan Pendamping Desa berfoto bersama usai Pembinaan BUM Desa Bakti Sembilan Jaya, Kamis (10/3/2022).
Purwakarta Online - Pemerintah Desa Taringgul Landeuh telah mempublikasikan APBDes Tahun 2022, sebagai wujud transparansi anggaran di Desa.

Pemdes (Pemerintah Desa) Taringgul Landeuh, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta telah menetapkan APBDes Tahun Anggaran 2022 bersama BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Publikasi APBDes 2022 dalam bentuk baliho dalam papan infromasi publik di tempat strategis. Salah satunya yakni di depan Kantor Desa Taringgul Landeuh.

Publikasi APBDes merupakan kewajiban desa yang ditegaskan dalam aturan dari Kementerian Dalam Negeri (mendagri ) Republik Indonesia Nomor 113 tahun 2014, tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 40 ayat 1 tentang Laporan Realisasi dan Pertanggung jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes.


Dalam APBDes tersebut terdapat rincian sebagai berikut:

  • Pendapatan Asli Desa (PAD)
  • Dana Desa (DD)
  • DBHP/Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
  • Alokasi Dana Desa (ADD)
  • Bantuan Keuangan (BK) dan pendapatan lainnya.
Selain itu, juga tercantum anggaran belanja dalam lima bidang serta pelaksanaan pembangunan tahun 2022.

Publikasi APBDes 2022, merupakan wujud transparansi (keterbukaan) Pemdes Taringgul Landeuh kepada masyarakat desa. Masyarakat bisa berpartisipasi mengawasi secara langsung pembangunan dan kemajuan desa. (*)