Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Presiden Ukraina Tidak Akan Berlutut Demi Masuk NATO!

ukraina-presiden-nato-rusia-perang-Volodymyr-Zelensky
Presiden Ukraina
Purwakarta Online - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan negaranya tak akan terus menekan untuk diterima sebagai anggota NATO. Permintaan Ukraina menjadi anggota NATO merupakan salah satu alasan Rusia menyerang negara tersebut sejak 24 Februari lalu.

Rusia tidak ingin tetangganya itu bergabung dengan NATO, aliansi transatlantik yang dibentuk pada awal Perang Dingin untuk melindungi Eropa dari Uni Soviet.

Menurut presiden yang juga mantan komedian itu, ada banyak kendala yang menjadi penghalang NATO menerima keanggotaan negaranya.

"Saya sudah tenang menanggapi pertanyaan ini sejak lama, setelah kami menyadari bahwa NATO tidak siap untuk menerima Ukraina," kata Zelensky, dalam wawancara dengan ABC News yang disiarkan pada Senin (7/3/2022) malam, seperti dilaporkan kembali AFP.

Dia menjelaskan, NATO cenderung menghindari konfrontasi langsung dengan Rusia. Itu menjadi kendala mengingat Ukraina yang juga bekas pecahan Uni Soviet sedang berada dalam ketegangan terkait Krimea dan Donbass.

Lebih lanjut Zelensky mengatakan, sebagai presiden, dia tak ingin memohon dengan cara berlutut agar Ukraina diterima sebagai anggota NATO. (*)

#Inewsid #IniBaruBerita #News #Berita #Rusia #Ukraina #VolodymyrZelensky #Negara #NATO #UniSoviet #Eropa #Perang #Presiden #Krimea #Donbass