Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jika Digigit Ular Kobra, Apa Yang Harus Dilakukan?


Purwakarta Online - Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Tentunya kita berharap semua berjalan dengan baik. Tapi situasi yang tidak diinginkan bisa saja datang, seperti misalnya digigit ular kobra. Nauzubillah!

Setidaknya ini bisa menjadi pengetahuan atau menambah wawasan, jika suatu hari ada orang yang terkena gigitan ular kobra. Kita bisa melakukan sesuatu dengan tepat.

Mari kita simak, apa yang harus kita lakukan jika terkena gigitan ular kobra. Perlu kita ketahui bersama bahwa gigitan ular kobra tidak mengeluarkan darah banyak. Tapi sensasi rasanya terbakar, panas!

Inilah 5 hal yang harus segera kita lakukan jika ada orang yang terkena gigitan ular kobra:

1. Posisikan bagian yg kena gigitan lebih rendah dari posisi jantung. Misal tangan yang terkena, maka tangan arahkan turun ke bawah.

2. Bebat (seperti orang patah tulang), kalau tidak bisa, minimal ikat tidak terlalu kencang, bagian di dekat gigitan, supaya bisa (racun) tidak beredar dengan cepat.

3. Bawa segera ke RSUD

4. Pastikan pasien minum air putih, susu, madu yang banyak. JANGAN SAMPAI TIDUR! Tetap harus terjaga.

5. Bisa ular bisa memancar dari jarak 2 m. Jika terkena mata, jangan dikucek, tapi basuh dengan air keran mengalir. Karena bisa ular dalam hitungan detik bisa mengkristal.

Itulah 5 hal yang harus segera dilakukan jika ada orang yang digigit ular kobra. Semoga bermanfaat! (*)

*Dari Asep Dea