Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gempa Aceh Baru Saja Terjadi, M 5,9. Begini Analisis BMKG

"gempa aceh 2004" "gempa aceh hari ini 2021" "gempa aceh 2004 berapa magnitudo" "gempa aceh 2006" "gempa aceh 2021" "gempa aceh 2012" "gempa aceh 2020" "gempa aceh teks eksplanasi" "gempa aceh berapa magnitudo" "teks eksplanasi gempa aceh" "bmkg gempa aceh hari ini" "penyebab gempa aceh 2004" "kaidah kebahasaan teks eksplanasi gempa aceh" "pusat gempa aceh hari ini" "keterangan waktu pada teks gempa aceh" "konjungsi kausalitas gempa aceh" "konjungsi kronologis pada teks gempa aceh" "kesimpulan gempa aceh brainly" "gempa banda aceh" "gempa tsunami aceh" "gempa bumi aceh 2004" "gempa terkini banda aceh" "gempa tsunami aceh 2004 berapa sr" "gempa terkini di aceh" "gempa bmkg aceh" tsunami aceh, aceh tsunami, tsunami aceh 2004, tsunami 2004 aceh, tsunami in aceh 2004, gempa baru saja terjadi, tsunami aceh berapa meter, tsunami di aceh, tsunami d aceh, gempa dini hari tadi, tsunami terbesar di dunia, gempa aceh 2004, tinggi tsunami aceh, bmkg aceh, korban tsunami aceh, gempa hari ini terjadi dimana, gempa bumi di indonesia, 26 desember 2004, gempa aceh 2004 berapa sr, gempa bumi terbesar di dunia,
Gempa Baru Saja Terjadi di Aceh
Purwakarta Online - Gempa magnitudo (M) 5,9 mengguncang wilayah Aceh Jaya pada 19.02 WIB. BMKG menyebut gempa tersebut merupakan gempa tektonik, yang dimutakhirkan menjadi M 5,6.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo (M) 5,6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,56° LU, 94,84° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 km arah barat dari Kota Calang, Aceh, pada kedalaman 54 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/3/2022).

Jenis gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas subduksi lempeng. Gempa memiliki pergerakan naik.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujarnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Jaya, Meulaboh, Banda Aceh, dan Aceh Besar dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), dan daerah Pidie dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga pukul 19.30 WIB, BMKG mengungkap belum adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengingatkan warga setempat untuk tetap tenang serta terus memantau informasi resmi BMKG.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujar Bambang.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," pungkas Bambang. (*)

Video Gempa Aceh



Sumber: Detik News, YouTube