Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Fakta Alex Konanykhin, Sosok Yang Buat Sayembara Tangkap Vladimir Putin Berhadiah 14,4 Miliar

Alex Konanykhin vs Vladimir Putin
Purwakarta Online – Ditengah situasi perang Ukraina-Rusia, seorang pengusaha Rusia yang bernama Alex Konanykhin mendadak jadi sorotan dunia. Pasalnya, Alex Konaykhin menyiapkan hadiah Rp. 14,4 miliar atau setara 1 juta Dolar AS bagi siapapun yang bisa menangkap Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Alasan Alex Konanykhin Buat Syaembara Tangkap Vladimir Putin

Apa alasan Alex Konanykhin yang berani-beraninya melakukan sayembara untuk menangkap Valdimir Putin? Alasannya adalah karena menurutnya Vladimir Putin merupakankan seorang penjahat perang.

Dengan alasan itulah maka penangkapan Vladimir Putin dianggapnya sebagai tugas moral yang harus dilakukan petugas atau pihak keamanan sesuai dengan amanat konstitusional Negara Rusia.

“Saya berjanji untuk membayar 1 juta dolar Amerika Serikat (sekitar Rp14 miliar) kepada petugas yang sesuai dengan tugas konstitusional mereka, menangkap Putin sebagai penjahat perang di bawah hukum Rusia dan internasional," kata Alex Konanykhin sebagaimana dikutip dari newsweek.com, Jumat (4/3/22).

Siapa Sebenarnya Alex Konanykhin?

Lantas, siapa sebenanrnya Alex Konanykhin sehingga ia nekat menentang invasi Rusia ke Ukraina. Dari berbagai sumber, berikut adalah profil Alex Konanykhin dan beberapa fakta tentangnya:
  1. Alex Konanykhin merupakan seorang pria kelahiran Ostashkov, Rusia pada 25 September 1966
  2. Alex Konanykhin mengenyam pendidikan di Moscow Institute of Physics and Technology (MIPT). Alex Konanykhin mengambil Jurusan Teknik di Departement Penelitian Luar Angkasa.
  3. Sambil berkuliah Alex Konanykhin juga sibuk menjalankan bisnis, karena itulah ia dikeluarkan dari MIPT pada tahun 1986.
  4. Alex Konanykhin kemudian mendirikan Bank swasta di Rusia menjelang akhir pemerintahan komunis. Bank yang Alex Konanykhin bangun itu menjadi lembaga pertama yang menerima lisensi perdagangan mata uang dari pemerintahan Boris Yeltsin (Presiden Rusia tahun 1991-1999).
  5. Alex Konanykhin merupakan seorang CEO Transparent Bussiness atau sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk mengurangi korupsi dalam pengadaan publik layanan TI.
  6. Pada tahun 1992, Alex Konanykhin membelot ke Amerika Serikat dan menjadi orang pertama yang diberikan suaka politik di Amerika Serikat karena menentang korupsi di Rusia pasca runtuhnya negara Adidaya pesaing Amerika Serikat, Uni Soviet.
  7. Selain menjadi pengusaha, Alex Konanykhin juga dikenal sebagai penulis buku berbasis badan intelijen dan bisnis.
  8. Beberapa buku yang ditulisnya antara lain "Or how to Succeed in Business Despite Being Hounded by the FBI, the KGB, the INS, the Department of Homeland Security.
  9. Alex Konanykhin berhasil menyelesaikan pendidikannya di Moskovskiy Fiziko-Tekhnicheskiy Institut, kemudian dilanjutkan ke Edinburgh Business School saat Alex Konanykhin mengungsi ke Amerika Serikat.

Video Alex Konanykhin vs Vladimir Putin


*Dari berbagai sumber