Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jembatan Perahu Beromzet Rp25 Juta Per Hari Milik Haji Endang di Karawang

jembatan-perahu-haji-endang-viral-video-karawang-omzet-25-juta-jutaan-anggadita-klari-omset
Jembatan perahu H. Endang Karawang
Purwakarta Online - Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan jembatan unik dari perahu baru-baru ini menarik perhatian publik. Sebab, disebutkan omset jembatan perahu tersebut bisa mencapai puluhan juta per hari.

Video yang dibagikan akun @beritaviralditiktok di TikTok, pada 9 Desember 2021 tersebut sontak menjadi berita di berbagai media besar.

Dalam video pendek berdurasi kurang dari 1 menit tersebut tampak jembatan tersebut mengapung di sungai karena diangkut oleh beberapa perahu warna biru.

Suasana saat itu sedang ramai pengendara sepeda motor melewati jembatan dari dua arah berlawanan. Selanjutnya dijelaskan jika dalam sehari mencapai setidaknya 10 ribu pengendara yang menyeberang menggunakan jembatan dengan tarif Rp2.000 tersebut.

“Setiap hari tidak kurang dari 10.000 pengguna motor memanfaatkan jembatan ini. Tarif per motor Rp2.000. Hitung sendiri omset Pak Haji Endang,” kata pengunggah dalam keterangan videonya.

Lokasi jembatan perahu itu berada di Desa Anggadita, Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Buat yang mau melewati sungai, tarif jembatan tersebut Rp2 ribu untuk pengendara sepeda motor, dan hanya Rp1.000 buat pejalan kaki.

Diasumsikan bila per harinya dilewati 10 ribu pengendara sepeda motor, belum lagi pejalan kaki, omset per harinya dari pemilik yang bernama Haji Endang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Angka tersebut masih berupa omset, tentu belum dikurangi biaya operasional, perawatan, upah dan berbagai biaya lainnya yang harus dikeluarkan.

Video lain memperlihatkan, saat salah satu perahu yang menopang jembatan tengah dibersihkan. Ada pula video yang memperlihatkan proses pembayaran untuk melewati jembatan tersebut yakni dengan memberi uang kepada pegawai yang sudah berjaga.

Tidak perlu waktu lama unggahan-unggahan video pendek tersebut viral dan ditonton hingga total 10 juta kali dan disukai oleh ratusan ribu orang. Beragam komentar diberikan netizen, kebanyakan adalah warga lokal yang berada di sekitar jembatan yang merasa terbantu dengan jembatan perahu tersebut.

“Kenangan enam tahun menggunakan jasa beliau. Dari yang dulu masih berahu ditarik, sampai membantu sekali menghemat waktu,” tulis akun @njedoel.

“Saya bangga Pak Haji Endang bangun begini buat bisnis. Andai anak muda pemikirannya bisnis seperti beliau,” timpal akun @ebhiebgst.

“Alhamdulillah. Sehat terus buat Haji Endang yang punya perahu. Pemuda sekitar jadi gak nganggur, warga terbantu dengan bisa jualan di sekitar jembatan. Jadi kangen,” komentar akun @arislukman45. (*)