Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kampung Tajur Purwakarta Masuk 100 Nominasi di Anugerah Desa Wisata Indonesia

Kampung Tajur di Purwakarta (Dok. Purwakarta Post)
Purwakarta Online - Desa wisata Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, masuk 100 nominasi desa wisata berkembang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kampung Tajur yang berlokasi di Desa Pasanggrahan, itu punya daya tarik wisata dengan suasana kampung yang asri dan masyarakatnya yang masih melestarikan adat istiadat dan budaya leluhur. Sebelumnya, desa wisata Pasanggrahan hanya masuk pada kategori 300 besar.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saepudin, mengatakan proses untuk masuk menjadi nominasi peserta anugerah desa wisata memerlukan serangkaian proses penilaian yang cukup lama.

"Tahun ini di Kabupaten Purwakarta hanya satu desa yang dinyatakan sebagai desa wisata berkembang dan masuk nominasi 100 besar di ADWI 2021, untuk desa wisata lainnya yang ada di Purwakarta masih masuk kategori desa wisata rintisan," ujar Agus kepada awak media disela meninjau Desa Wisata Pasanggrahan, Minggu (22/8/2021).

Proses pendaftaran ajang ADWI 2021 itu dimulai sejak Februari 2021 dan dilanjut dengan pengisian beberapa formulir yang sesuai dengan kondisi eksisting melalui portal Jejaring Desa Wisata (Jadesta 2021).

"Setelah itu, akan terlihat desa wisata yang kita daftarkan masuk dalam dikategori desa wisata apa. Lalu, setelah proses entry data akan dilaksanakan pembukaan kompetisi oleh kementerian yang dilanjutkan dengan bimbingan teknis terhadap desa-desa wisata," kata dia.

Sebanyak 70 ribu desa wisata se-Indonesia ikut serta sebagai peserta di ajang ADWI 2021. Dari puluhan ribu peserta itu akan diseleksi menjadi 300 peserta kategori desa wisata rintisan.

Kemudian ke-300 peserta desa wisata rintisan tersebut akan diseleksi ulang menjadi 100 desa dalam kategori desa wisata berkembang.

"Kalau finalnya, penentuan peraih desa wisata berkembang dari 100 nominasi itu sekitar Oktober 2021, mungkin akan ada sistem vote atau penilaian lebih lanjut," ucapnya.

Dengan adanya desa yang masuk dalam nominasi desa wisata berkembang tersebut, Agus berharap desa-desa lain di Purwakarta termotivasi untuk menggarap secara maksimal potensi wisata di desa masing-masing. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kampung Tajur di Purwakarta Masuk 100 Nominasi di Anugerah Desa Wisata Indonesia, Ini Keunikannya