Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Pembuatan SIUJK Online

cara-pembuatan-siujk-online
Cara Pembuatan SIUJK Online

Purwakarta Online – Kita akan bahas mengenai cara pembuatan SIUJKJ Online, karena jika Anda memiliki usaha yang bergerak di bidang konstruksi, maka sebaiknya Anda mengurus SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi.

Namun sekarang mengurus perizinan usaha dapat dilakukan dengan sistem online termasuk juga untuk SIUJK online sehingga Anda bisa lebih mudah dan praktis untuk memperoleh izin usaha yang satu ini dan dapat langsung melakukan proses produksi dengan maksimal tanpa perlu sama sekali ada kendala.

Apa Itu SIUJK Online?


Jauh sebelum Anda mengurus tentang SIUJK online, masih banyak orang yang belum tahu apa itu SIUJK dan mengapa perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi memerlukannya untuk kelangsungan proses produksi mereka.

Ini adalah izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk perusahaan sehingga mampu mengembangkan ditambah lagi melaksanakan berbagai macam usaha di bidang konstruksi. Bahkan sekarang Anda pun boleh mengurusnya hanya dengan sistem online.

Sebelum Anda sudah mengurus berbagai izin usaha ditambah dengan SIUJK ini, maka sebaiknya Anda juga harus mengetahui apa yang sesungguhnya dari surat izin ini.

Dengan memiliki surat ini, maka Anda sebagai pemilik bisnis sangat diperbolehkan untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas usaha baik itu merencanakan proses produksi hingga konsultan, kontraktor, pelaksana konstruksi atau apapun bidang usaha yang Anda lakukan selama itu memiliki hubungan atau kaitan dengan konstruksi.

Dengan kata lain, tidak seluruh usaha memerlukan SIUJK ini namun hanya untuk pengusaha yang bergerak di dalam bidang ini yaitu konstruksi saja.

Beberapa contoh bidang usaha yang membutuhkan surat izin yang satu ini adalah arsitektur, tata lingkungan, mekanikal, konsultan, telekomunikasi dan apapun yang dinilai mirip dengan hal tersebut.

Namun dalam proses mengajukan SIUJK ini, Anda sebagai pemilik usaha wajib untuk berhasil menang dalam waktu pelelangan sejak babak pertama.

Proses Pengurusan SIUJK Online


Anda sudah diharuskan untuk lulus dalam proses administrasi dalam perusahaan yang memiliki sertifikat sekaligus yang telah tercantum sebelumnya dalam LPJK. Sebenarnya lebih rumit dibandingkan dengan proses mengajukan surat izin usaha yang lainnya.

Guna memperoleh surat ini, maka Anda harus berkunjung pada kantor LPJK sekitar atau bisa langsung mengakses situs resmi LPJK ini yang tinggal di sekitar wilayah dari domisili Anda dan untuk sistem online, Anda harus mengisi kolom dengan syarat yang sudah harus dimiliki.

Anda juga perlu memegang sertifikat lisensi dulu yang akan membuktikan jika Anda ini adalah tenaga ahli di dalam bidang konstruksi ini dan yang kedua Anda harus memiliki Sertifikasi Badan Usaha atau SBU.

Sebelum membuat, ada baiknya Anda ketahui dulu apa itu sebenarnya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) online. Pada intinya, SIUJK online adalah surat izin. Dan jika Anda memiliki untuk jenis usaha yang berkaitan, maka Anda pun bisa melakukan berbagai macam kegiatan usaha. Baik itu perencana konstruksi maupun konsultan, pengawas konstruksi, pelaksana konstruksi atau kontraktor dan sebagainya yang berhubungan dengan konstruksi.

Jadi, tidak semua bidang usaha membutuhkan Surat Izin SIUJK melainkan hanya mereka yang memang ingin bergerak di bidang sipil, telekomunikasi, konsultan, mekanikal, tata lingkungan, arsitektur, dan yang lainnya yang mirip dengan itu.

Hanya saja, untuk langsung membuatnya tidak bisa. Karena Anda harus mampu untuk memenangkan waktu pelelangan di babak pertama. Bahkan, Anda juga harus lulus dalam administrasi di dalam perusahaan yang bersertifikat dan tercantum di dalam LPJK.

Sederhananya, ini lebih rumit dibandingkan dengan pengurusan surat izin yang lainnya.

Sedangkan untuk memperolehnya, maka Anda harus mengunjungi kantor LPJK setempat, atau langsung masuk ke dalam website LPJK resmi yang terdapat di dalam wilayah domisili Anda.

Dan tentu saja ketika Anda datang ke kantor LPJK, maka Anda harus membawa persyaratannya terlebih dulu. Adapun untuk sistem online, maka Anda hanya perlu mengisi apa yang penting di dalam kolom.


Syarat Pembuatan SIUJK Online

Namun, ada beberapa inti syarat pembuatan SIUJK Online yang harus dimiliki, di antaranya :


Pertama, Anda memiliki Sertifikat Lisensi yang membuktikan bahwa Anda merupakan tenaga ahli dalam konstruksi.

Kedua, memiliki SBU (Sertifikasi Badan Usaha).

Selain itu, syarat pembuatan SIUJK Online yang lebih lengkap lagi di antarannya adalah :

  1. SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang asli.
  2. KTA Asosiasi yang asli.
  3. STA (Sertifikat Tenaga Ahli) yang asli.
  4. Fotocopy TDP Perusahaan.
  5. Fotocopy SIUP.
  6. Fotocopy NPWP Perusahaan.
  7. Fotocopy Domisili Usaha.
  8. Fotocopy Akta Notaris.
  9. Fotocopy KTP para Direktur yang terkait.
  10. Fotocopy Surat Domisili Usaha.

Selain itu, Anda juga harus menentukan besaran proyek yang nantinya ingin Anda lakukan. Apakah proyek tersebut termasuk proyek Kecil dengan skala biaya di bawah Rp 500 Juta, atau skala Menenangah yang berkisar antara Rp 500 Juta – Rp 10 Miliar, atau proyek dengan skala Besar yang bernilai di atas Rp 10 Miliar.

Nantinya, kantor LPJK akan melakukan kualifikasi pada perusahaan Anda dan memasukkan kategori.
  • Untuk K1 adalah proyek yang Kecil 1.
  • K2 untuk proyek yang kecil 3.
  • K3 untuk proyek kecil 3.
Dan sebagainya, hingga yang besar sebelum akhirnya mengurus yang lainnya.

Video Cara Pembuatan SIUJK Online


Sumber: Izin Mudah, Gapura Office, RK FAMILY

Search Keyword: pembuatan siujk online,pengurusan sbu online,cara buat siujk online,cara membuat siujk online