Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kinerja terus membaik, Bumdes Maju Jaya Taringgul Tonggoh menambah unit usaha


PurwakartaOnline.com - Dilaksanakan secara simbolis serah terima alat pengangkut sampah dari Bumdes Maju Jaya, kepada Pengelola Sampah di Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa (11/6/020).

Menurut Pendamping Desa, Eep Saepul Malik Bumdes Maju Jaya memiliki banyak unit usaha karena berusaha mengakomodir kebutuhan lokal yang ada di lingkungan desa.

"Bertahap, unit ditambah sesuai kebutuhan dan ketersediaan potensi pengelola di Desa (Taringgul Tonggoh) ini," ujar Eep.

"Karang Taruna kan salah satu potensi besar untuk menjadi pengelola unit," lanjut Eep.

"Ini salah satu Unit Usaha Bumdes Maju Jaya Desa Taringgul tonggoh, selain dari Unit Usaha Pertanian, Bank Sampah, Steam Motor dan Mobil yang akan dikelola oleh karang taruna Desa Taringgul Tonggoh," terang Eep panjang lebar.

Selain unit-unit usaha diatas, masih ada garapan lain yang akan dikerjakan di Bumdes Maju Jaya.

"Rencana kedepan akan ada Geliat Ekonomi Kerakyatan yang digagas oleh Bumdes Maju Jaya, diantaranya mengakomodir pemuda-pemuda kreatif di bidang Pertanian dan lainnya."

Bumdes Maju Jaya sangat memperhatikan kebutuhan warga Desa, termasuk masalah kesehatan melalui kebersihan lingkungan.

Dilakukan 'subsidi silang', uang yang berasal dari APBN (Dana Desa) sebagai penyertaan modal digulirkan untuk modal pengelolaan sampah.

Setiap Ketua RT dimodali dana Rp. 200 rb per bulan, untuk membeli sampah produktif rumah tangga.

"200 ribu (rupiah) setiap (Ketua) RT yang mengelola sampah di wilayah masing-masing,"

Selanjutnya, Eep yang juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Desa Taringgul Tonggoh untuk mendukung kinerja baik Bumdes Maju Jaya.

"Mari kita dukung bersama," pungkas Eep. (enjs)