Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Haji Aleh, Petani Kopi Terbaik Indonesia Latih Petani Desa Pusakamulya

Kopi Purwakarta,Ragam,Pertanian,Haji Aleh,Java Preanger,kopi Jabar, Purwakarta, Purwakarta Online,petani kopi sukses,omset petani kopi,jenis kopi yang memiliki karakteristik wangi dan agak asam adalah,pak ahmad menanam kopi di lahan miliknya,proses untuk memastikan rasa kopi konsisten setiap hari adalah,roasting kopi adalah,urutan ukuran giling yang benar dari paling kasar hingga paling halus adalah,analisa biaya berkebun kopi,skripsi analisis pendapatan usahatani kopi,biaya usahatani kopi,analisa usaha tani kopi robusta,analisis usaha kopi arabika,judul skripsi agribisnis tentang kopi,makalah usaha tani tanaman kopi,pendapatan petani kopi,analisa usaha tani kopi,purwakarta,purwakarta online,analisis usaha tani kopi robusta,analisis pendapatan usaha tani kopi,skripsi strategi pengembangan usaha tani kopi,strategi pengembangan usaha tani kopi arabika,haji aleh,java preanger,kopi purwakarta,petani kopi purwakarta,strategi pengembangan usaha tani kopi,analisa usaha tani kopi arabika,analisa usaha tani kopi robusta,proposal usaha tani kopi,analisis usaha tani kopi,
Haji Aleh (paling kanan) melatih petani kopi di Desa Pusakamulya
Purwakarta Online - Haji Aleh, Pengusaha kopi asal Pangalengan, Kabupaten Bandung melatih para petani kopi di Desa Pusakamulya, Kiarapedes Purwakarta. Senin (23/12/2019). Beliau adalah petani kopi teladan di Indonesia, kiprahnya dalam usaha kopi telah dimulai sejak tahun 2001 silam.

Awalnya beliau melakukan budidaya kopi, selanjutnya mulai memasarkan dan memproses pengolahan kopi melalui koperasi yang ia bentuk bersama para petani lain. Tidak ada yang menyangka, jika sebelumnya Haji Aleh hanyalah seorang kuli bangunan. Semua latar belakang kehidupannya beliau kupas di hadapan para petani kopi Pusakamulya.

"Saya kuli ngaduk, urusan ngitung bangunan saya bisa," ujarnya terus terang.

Berkah krisis moneter

Profesi sebagai tukang bangunan akhirnya harus berhenti, akibat krisis moneter yang melanda dunia di tahun 1998.

"Waktu itu, semua (rekan kerjanya) kena PHK. Termasuk penjaga keamanan di Perusahaan," lanjut Haji Aleh mengenang.

Banyak yang di-PHK, termasuk dirinya dan teman-teman kerjanya. Kepanikan melanda masyarakat saat itu. Setelah mendapatkan benih kopi di tahun 2001, ia mulai menanam di daerah Gunung Tilu, Pangalengan. Hingga kini, nama Gunung Tilu menjadi merek dagang berbagai olahan kopi kelompoknya.

Berbagi ilmu adalah kewajiban

Bagi diri beliau, membagikan ilmu tentang kopi adalah kewajiban. Tidak ada rasa takut untuk tersaingi oleh murid-murid yang ia ajari.

Setiap pekan dari berbagai daerah selalu ada yang datang ke tempat Haji Aleh. Bahkan diantaranya ada yang dari luar pulau, seperti dari Kalimantan dan daerah lainnya.

"Tiap minggu, selalu ada yang datang untuk belajar kopi. Tidak apa-apa, disediakan kelasnya," terangnya.

Haji Aleh mengaku bangga, diantara pemuda yang belajar padanya kini telah sukses menjadi pengusaha kopi. Lebih lanjut ia sebut beberapa brand kopi terkenal, yang ternyata awalnya pernah belajar di 'Padepokan kopi' Haji Aleh.

"Banyak yang telah berhasil, saya bangga terhadap mereka. Mereka jauh lebih sukses dari saya," tutur Haji Aleh puas.

"Ini adalah ibadah," lanjut Haji Aleh.

Nyeduh kopi keliling dunia

Dulu ngaduk bahan bangunan, kini ia menyeduh kopi. Nyeduh kopi kadang di Singapura, Norwegia, Bahrain dan dimana-mana. Haji Aleh mengaku sangat menikmati usahanya sebagai petani kopi.

Meskipun pada kenyataannya sangat menyita waktu dan tenaga. Namun ia tetap berusaha istiqomah menjalaninya.

"Kadang harus nyeduh kopi di Singapura, kadang di Bahrain, kadang di Norwegia," kata Haji Aleh.

"Tapi resikonya memang begitu, kita bawa nama (kopi) 'Java Preanger' ke masyarakat Dunia," tukasnya.

2 Kunci sukses budidaya kopi

Dalam sesi praktek pelatihan kopi, Haji aleh mengungkapkan dua kunci sukses bertanam kopi. Menurutnya di Jawa Barat, banyak yang gagal membudidayakan kopi karena mengabaikan dua hal tersebut.

1. Lubang Tanam

Menurut pengalamannya, lubang tanam kopi yang paling baik itu lebar 40 cm, panjang 40 cm dan kedalaman 60 cm.

"Boleh lebih, tapi jangan kurang. Itu berdasar pengalaman saya," ucap Haji Aleh.

"Saya pernah gagal (budidaya kopi), lalu berhasil dengan cara tadi," lanjut Haji Aleh.

2. Benih Kopi Yang Bagus

Benih kopi tidak boleh sembarangan, karena akan sangat berpengaruh pada jarak tanam, teknik pemeliharaan dan produksi biji kopi yang nanti dihasilkan. Benih kopi harus disesuaikan dengan lokasi lahan yang akan ditanami kopi. 

Termasuk ketinggian lahan, kontur lahan, suhu dan jenis tanah. Setelah Haji Aleh menggali tanah di lokasi pelatihan, ia kemudian memberi gambaran perkiraan benih kopi yang cocok ditanam.


Kunci sukses usaha kopi ala Haji Aleh

1. Mau Berlembaga atau Berorganisasi

Menurut Haji Aleh, sangat sulit untuk maju dan berkembang jika petani berusaha sendiri-sendiri. Saran beliau, petani bahu-membahu dalam sebuah lembaga agar bisa berbagi tugas.

Dengan berlembaga menurutnya akan ada percepatan perkembangan usaha. Karena jika hanya fokus budidaya, pemasaran akan terbengkalai. Banyak faedah usaha 'berjamaah' yang disampaikan oleh Haji Aleh kepada para petani kopi di Pusakamulya.

2. Libatkan kaum milenial

Terakhir, Haji Aleh mengingatkan bahwa dunia ini sekarang adalah miliknya Kaun Milenial. Teknologi yang ada saat ini sulit diaplikasikan oleh kaum 'kolonial', tapi sangat mudah bagi kaum milenial.

Tapi Haji Aleh juga mengingatkan agar tidak memaksa kaum milenial untuk terjun langsung dalam budidaya. Kecuali atas kemauan mereka sendiri, biarkan mereka terlibat dalam usaha kopi di ranah yang mereka sukai.

Haji Aleh mencontohkan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa dilepaskan dalam banyak usaha termasuk kopi. Maka aspek teknologi tersebut serahkan pada kaum milenial, seperti pemasaran online hingga mekanisme logistiknya.

"Mereka terlibat (dalam usaha kopi) dengan cara mereka sendiri. Jangan dipaksa," tukas Haji Aleh.

Cara Memangkas Kopi Agar Berbuah Lebat Optimal

Search keyword : petani kopi sukses,omset petani kopi,jenis kopi yang memiliki karakteristik wangi dan agak asam adalah,pak ahmad menanam kopi di lahan miliknya,proses untuk memastikan rasa kopi konsisten setiap hari adalah,roasting kopi adalah,urutan ukuran giling yang benar dari paling kasar hingga paling halus adalah,analisa biaya berkebun kopi,skripsi analisis pendapatan usahatani kopi,biaya usahatani kopi,analisa usaha tani kopi robusta,analisis usaha kopi arabika,judul skripsi agribisnis tentang kopi,makalah usaha tani tanaman kopi,pendapatan petani kopi,analisa usaha tani kopi,purwakarta,purwakarta online,analisis usaha tani kopi robusta,analisis pendapatan usaha tani kopi,skripsi strategi pengembangan usaha tani kopi,strategi pengembangan usaha tani kopi arabika,haji aleh,java preanger,kopi purwakarta,petani kopi purwakarta,strategi pengembangan usaha tani kopi,analisa usaha tani kopi arabika,analisa usaha tani kopi robusta,proposal usaha tani kopi,analisis usaha tani kopi,