Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Terkuak sudah, resep rahasia Sop Nila Nirwana Purwakarta yang LEZAT. Dibocorkan oleh juru masak!

Sop Nila Nirwana, bisa jadi masakan khas Purwakarta 

PurwakartaOnline.com - Seandainya keliling dunia, belum tentu Anda bisa temukan Sop Nila. Karena Sop Nila hanya ada di Wanayasa, Purwakarta. Juru masak membocorkan resep rahasianya kepada Purwakarta Online.

Beruntung, saat liputan acara Temu Teknis Gapokkan Kabupaten Purwakarta yang diselenggarakan di Balai Pengembangan Benih Ikan Nila dan Mas (BPBINM). 

Peserta dan awak media disuguhi hidangan khas Kabupaten Purwakarta, yaitu Sate Maranggi dan hidangan khas Sunda lainnya.

Tapi yang sangat-sangat menarik adalah hidangan yang baru kali ini kami temukan. Sop Nila! Yah, itu dia Sop Nila.

Masakan berupa sup, tanpa menggunakan daging sapi, ayam atau kambing, tapi menggunakan ikan Nila Nirwana. Coba kami cari tahu ke dapur, tanya-tanya ke juru masak.

Nah, dengan sumringah yang masak membocorkan resep rahasianya. Ini dia kenapa Sop Nila Nirwana rasanya begitu lezat. Rahasia pertama adalah durasi saat menggoreng ikan nila Nirwana. Digorengnya harus sebentar saja, hingga matang namun tidak sampai garing atau keras.

Rahasia kedua, beberapa bumbu yang membuat sop nila Nirwana ini begitu kaya akan citarasa adalah variasi bumbu dan rempah. Dari gambar bisa ditebak, apa saja rempah-rempah tersebut.

Yang harus dicatat, rempah tidak boleh dihaluskan atau jangan diulek, hanya diiris. Jika bumbu dihaluskan rasanya akan berbeda.

Nah, itulah dua Rahasia penting resep memasak Sop Nila Nirwana. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah kapan resep inovatif ini pertamakali dibuat dan siapa gerangan yang menciptakannya?

Masih menurut juru masak yang enggan menyebutkan namanya. Sop Nila Nirwana ini diciptakan sekitar tahun 2015, oleh Ibu Nina, atau Ibu Kepala Balai (BPBINM). Bisa jadi masakan khas Purwakarta nih! (car)