Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jampe Nguseup atau Doa Mancing di Al-Quran: Rahasia Keberkahan dan Kekuatan Doa

Jampe Nguseup atau Doa Mancing di Al-Quran: Rahasia Keberkahan dan Kekuatan Doa
Doa mancing (jampe nguseup) dari Al-Quran
MANGENJANG.COM - Memancing bukan hanya sekadar hobi atau kegiatan rekreasi semata. Bagi sebagian orang, memancing adalah sebuah tradisi, kegiatan yang tidak hanya mengusir kepenatan, tetapi juga menjadi momen spiritual yang penuh makna. Ternyata, dalam Al-Qur'an, terdapat doa khusus yang bisa diamalkan saat memancing, yaitu doa yang tercantum dalam surat Fatir ayat 2 dan 3, serta surat as-Sad ayat 35.

Doa ini memiliki kekuatan luar biasa, mengandung harapan akan rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Dalam buku berjudul "Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa" karya Ahmad Zacky El-Syafa (2013), doa mancing ikan ini dijelaskan sebagai berikut:

1. Doa dari Surat Fatir ayat 2


"مَا يَفْتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۚوَمَا يُمْسِكْۙ فَلَا مُرْسِلَ لَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ"

(Artinya: "Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana." - QS. Fatir ayat 2)

Doa ini mengajarkan kita untuk bersyukur atas segala rahmat yang Allah limpahkan. Saat memancing, kita bisa merenung tentang nikmat-Nya yang tak terhingga.

2. Doa dari Surat as-Sad ayat 35


"قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ"

(Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi." - QS. Sad ayat 35)

Doa ini mencerminkan kerendahan hati dan kesadaran akan pemberian Allah. Saat memancing, kita bisa memohon ampunan dan rezeki yang tak terduga.

3. Doa dari Surat Fatir ayat 3


"يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ"

(Artinya: "Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?" - QS. Fatir ayat 3)

Doa ini mengajak kita untuk merenung dan bersyukur atas nikmat rezeki yang berasal dari Allah. Ketika memancing, kita bisa mendalami kebesaran-Nya dan merasakan kehadiran-Nya di setiap detik kehidupan.

Dengan meresapi doa-doa ini, momen memancing bukan hanya menjadi kesempatan untuk menangkap ikan, tetapi juga sebagai wujud syukur dan ibadah kepada Allah SWT. Semoga doa ini membawa berkah dan keberkahan dalam setiap usaha kita. Amin.***

Video Jampe Nguseup, Doa Nabi Sulaiman