Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh!

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh
Makanan untuk imun
MANGENJANG.COM, Jakarta - Ketua Indonesian Sport Nutrisionist Association Dr. Rita R,DCN, M.Kes mengajak masyarakat untuk mengenali zat makanan yang tepat guna meningkatkan imunitas dan tubuh yang sehat dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Salah satu bahan makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas ialah umbi-umbian dan jagung," kata Rita dalam acara daring, Senin.

Alasan umbi-umbian seperti ubi dan kentang, lalu jagung, baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas adalah karena selain mengandung karbohidrat juga termasuk memiliki respon glikemik yang rendah.

Artinya bahan makanan tersebut tidak akan membuat hormon insulin meningkat dengan signifikan dan penyerapan glukosa di dalam tubuh menjadi lebih stabil dan tidak berlebih.

Selanjutnya, bahan makanan yang perlu ditingkatkan konsumsinya agar bisa meningkatkan imunitas tubuh ialah makanan yang berserat.

Biasanya makanan berserat terdapat pada sayur seperti wortel, brokoli, asparagus, ataupun buah seperti tomat, pepaya, dan mangga.

Makanan berserat dapat meningkatkan imunitas tubuh karena membantu tumbuhnya mikrobiota atau disebut juga sebagai bakteri baik di saluran pencernaan.

Bakteri baik rupanya mampu mendorong perkembangan imunitas sehingga menjadi lebih meningkat dan tubuh tidak mudah sakit.

Makanan yang tinggi protein juga dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, banyak sekali produk dengan protein tinggi seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, hingga kacang hijau.

Namun kerap kali karena teknik memasak yang tidak tepat maka kandungannya tidak terjaga.

Rita pun menganjurkan cara memasak dengan dikukus, direbus, atau ditumis sehingga protein di dalam bahan makanan mampu terserap tubuh dengan optimal dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Terakhir, agar imunitas tubuh bisa meningkat maka masyarakat perlu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Cairan tidak terbatas pada air minum tapi juga bisa dipenuhi dengan bahan makanan lainnya yang bersifat cair seperti air kelapa, air isotonik, kuah sop berupa kaldu ayam, hingga jus buah.

Ketika kebutuhan cairan harian terpenuhi maka keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa membantu proses transportasi imun menjadi lebih optimal ke seluruh bagian tubuh.***