Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Letusan Gunung Semeru sebabkan Tsunami di Jepang, BNPB angkat bicara!

Letusan Gunung Semeru sebabkan Tsunami di Jepang, BNPB angkat bicara!
Letusan Gunung Semeru. Foto: DokNet
MANGENJANG.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan letusan Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) dini hari tidak menyebabkan tsunami.

Kepastian ini sekaligus meluruskan kabar yang menyebut pascaluncuran awan panas guguran (APG) tsunami Gunung Semeru akan menimbulkan tsunami hingga ke negara Jepang.

“Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, antara lain Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut," tulis keterangan BNPB pada Senin (5/12/2022).

"Sehingga potensi letusan/pyroclastic/partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," sambung rilis tersebut.

Menurut BNPB, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa. 

Maka jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang, karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

"Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat," jelasnya.

BNPB mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar hanya mempercayai kabar yang bersumber dari lembaga berwenang di Indonesia.

Baik itu dari BNPB, BMKG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), BPBD, dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah.***

Sumber: PMJ News