Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar film klasik yang bikin libur Natal dan Tahun Baru makin asik!

MANGENJANG.COM, Jakarta - Bicara soal Natal, tak lengkap rasanya jika tidak ditemani oleh sejumlah comfort movies yang cocok ditonton bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Film-film klasik bisa menjadi pilihan, karena cerita dan pengemasannya yang seakan tak akan lekang oleh waktu dan generasi yang terus berganti.

Kita merangkum sejumlah film klasik yang bisa menjadi pilihan tontonan untuk menambah kehangatan di hari Natal.

Berikut daftarnya, diurutkan berdasarkan tahun rilis.

1. The Apartment (1960)

film The Apartment (1960)
The Apartment (1960)
Tidak ada salahnya kembali mundur jauh ke belakang melihat salah satu film klasik favorit di era '60-an, "The Apartment" buatan sutradara Billy Wilder dan skenario yang ditulis olehnya dan I. A. L. Diamond.

Berbeda dari film-film Natal pada umumnya yang meriah, "The Apartment" membawa Natal yang bisa dialami oleh orang-orang di masa-masa tertentu -- kadang menggembirakan, kadang biasa saja, bahkan kadang terasa sepi.

Namun, film ini seakan juga mengingatkan bahwa bahkan di hari Natal yang paling suram pun, selalu ada harapan.

"The Apartment" bisa ditonton secara legal melalui Apple TV+.

2. A Charlie Brown Christmas (1965)

film A Charlie Brown Christmas (1965)
A Charlie Brown Christmas (1965)
Siapa yang tidak menyukai sosok Snoopy dan para karakter lainnya dari Peanuts? 

Ceriakan Natal bersama keluarga dengan menonton "A Charlie Brown Christmas" yang menceritakan tentang karakter Charlie Brown.

Ia mendapati dirinya tertekan meskipun musim liburan yang ceria telah dimulai.

Lucy menyarankan agar dia menyutradarai drama Natal, tetapi upaya terbaiknya diabaikan dan diejek oleh rekan-rekannya ketika dia memilih pohon Natal yang nyata namun kecil sebagai pusatnya.

Film ini dapat ditonton secara legal di platform Apple TV+.

3. Home Alone (1990)

film Home Alone (1990)
Home Alone (1990)
Memasuki waktu Natal tentu tak lepas dari film favorit semua orang, "Home Alone" yang dibintangi oleh Macaulay Culkin.

Culkin berperan sebagai Kevin McCallister, seorang bocah lelaki yang mempertahankan rumahnya di pinggiran kota Chicago dari pencuri setelah keluarganya secara tidak sengaja meninggalkannya dalam liburan Natal mereka ke Paris.

Dibungkus dengan jenaka dan menyenangkan, tak heran petualangan Kevin selalu seru untuk ditonton secara berulang.

"Home Alone" bisa disaksikan secara legal melalui Disney+ Hotstar.

4. Anastasia (1997)

film Anastasia (1997)
Anastasia (1997)
"Anastasia" mungkin bukan film spesial Natal. Namun, latarnya di musim dingin di Rusia agaknya bisa memberikan kesan yang mengingatkan pada musim liburan ini.

Film animasi ini dibuat berdasarkan legenda dari Grand Duchess Anastasia, mengikuti Anastasia "Anya" Romanov yang berusia 18 tahun yang amnesia dan berharap menemukan jejak almarhum keluarganya.

Meskipun premis ceritanya bisa dibilang cukup "dingin", film ini membawakan kisah Putri Anastasia dengan animasi yang begitu cantik dengan lagu-lagu yang tak kalah menggetarkan hati.

"Anastasia" dapat ditonton di platform streaming Disney+ Hotstar.

5. Elf (2003)

film Elf (2003)
Elf (2003)
Sekarang, mari kita beralih ke film klasik modern (modern classic).

Salah satu film modern classic yang merupakan favorit banyak orang adalah "Elf" yang dibintangi oleh Will Ferrell dan disutradarai oleh Jon Favreau.

Ferrell berperan sebagai Buddy, seorang manusia yang dibesarkan oleh elf Sinterklas, yang mengetahui tentang asal-usulnya dan pergi ke New York City untuk bertemu dengan ayah kandungnya.

Selain sukses di box office pada eranya, "Elf" juga menuai pujian karena dinilai sebagai film Natal yang memiliki semua elemen penting film komedi -- yaitu selera humor dan hati dari para kru dan pemeran yang terlibat.

"Elf" bisa ditonton secara legal melalui Netflix.

6. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

film Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)
Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)
Film modern classic lainnya yang dapat menjadi alternatif tayangan saat Natal adalah "Eternal Sunshine of the Spotless Mind" yang dibintangi oleh Kate Winslet dan Jim Carrey.

Diarahkan oleh Michael Gondry dan ditulis oleh Charlie Kaufman, film drama romansa dan sci-fi ini menceritakan tentang hubungan rumit Joel Barish (Carrey) yang pemalu dan lembut dengan Clementine Kruczynski (Winslet) yang bebas.

Film ini dinilai telah mengubah banyak pandangan penonton akan bagaimana film dapat membuat orang begitu tersentuh -- baik dari sisi emosional maupun capaian teknis terutama dari naskah dan penyutradaraan yang original, cerdas, imajinatif, namun jujur dan rapuh dalam waktu bersamaan.

"Eternal Sunshine of the Spotless Mind" dapat ditonton melalui platform HBO GO.***