Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kiarapedes unjuk kebolehan di Festival Mamin Sehat Pelajar dan Festival Kaulinan Budak Lembur di Hari Jadi Purwakarta!

Festival Kaulinan Barudak Lembur, Hari Jadi Purwakarta 
MangEnjang.com - Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta serta Festival Kaulinan Barudak Lembur di gelar hari ini (Sabtu, 23/7/2022) di Bale Guru Linuhung Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Gelaran ini diprakarsai dan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-54 tahun.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi potensi dan ekspresi pelajar Purwakarta dalam Program Tatanen di Bale Atikan yang sudah menghasilkan beragam produk baik berupa makanan, minuman, atau jenis produk lainnya.

Tidak ketinggalan pelajar dan guru di wilayah Kecamatan Kiarapedes ikut berpartisipasi dalam Gelaran Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta serta Festival Kaulinan Barudak Lembur yang menjadi perwakilan sekolahnya.

Sekolah yang berpartisipasi dalam produk makanan dan minuman antara lain SDN 2 Mekarjaya dengan produknya Dodol Terong Ungu, SDN 1 Mekarjaya dengan produknya Dodol Koneng Joho, SDN 3 Pusakamulya dengan produknya Noga Biji Bunga Matahari dan Tempe Kacang, SDN 2 Pusakamulya dengan produknya Sate Jamur dan Es Lidah Buaya.

Tidak hanya dari tingkat Sekolah Dasar yang menjadi perwakilan pada Gelaran Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta dari Kecamatan Kiarapedes, tetapi dari tingkat Sekolah Menengah Pertama ikut andil dalam gelar tersebut.

Tingkat SMP yang mengikuti gelaran tersebut yaitu SMPN 1 Kiarapedes dengan 6 Jenis Produk Makanan/Minuman sebagai berikut :

1. Cascis Jar > Cassava Cheese Cake In Jar (singkong)

2. Paladang

3. Garmas (Serbuk Kulit Manggis)

4. Dolugis (Dodol Manggis)

5. Cakruk (Daun Chaya Kriuk)

6. Saripakia (Sari Pala Kiarapedes)

Sedangkan dari SMPN 2 Kiarapedes menjajakan jenis produk Nasi harum bunga telang dan Onde-onde ketawa.

Selain Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta, pada gelaran hari ini dipertunjukkan juga Festival Kaulinan Barudak Lembur.

Festival Kaulinan Barudak lembur dari Kecamatan Kiarapedes di wakilkan oleh SDN 1 Kiarapedes.

"Alhamdulillah dari Korwil V Kecamatan Kiarapedes ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Festival, mudah-mudahan setiap sekolah lain yang belum berkreasi dengan hasil tatanen di bale atikannya dapat termotivasi untuk berkreasi sehingga bisa muncul di tingkat kabupaten," Ujar Yuswan selaku Koordinator Wilayah V.

Selain Koordinator Wilayah V yang menjadi tamu undangan pada kegiatan festival Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta serta Festival Kaulinan Barudak Lembur, kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengawas Bina Kecamatan Kiarapedes yaitu Bapak Nana Suharna, S.Pd

"Perwakilan sekolah-sekolah yang hari ini ikut baik tingkat SD dan SMP dari Kecamatan Kiarapedes saya ucapkan terima kasih, dan tidak berhenti untuk terus berkreasi menghasilkan produk dari program Tatanen di Bale Atikan sehingga sekolah yang ada di Kecamatan Kiarapedes dapat produktif dan aktif pada setiap kegiatan yang diselenggarakan baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten," ucap Nana Suharna, S.Pd selaku Pengawas Bina SD Kecamatan Kiarapedes.---