Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kartu ATM Tertelan Mesin, Begini Cara Mengatasinya!


Purwakarta Online - Pernahkah kartu kredit Anda tertelan mesin ATM? Kartu kredit tertelan yaitu ketika Anda melakukan transaksi di ATM kemudian kartu tidak bisa keluar dengan sendirinya. Istilah tersebut biasa disebut dengan kartu kredit tertelan.

Tidak hanya kartu debit saja, kartu kredit bisa tertelan. Ketika kartu kredit tertelan, Anda tidak perlu panik karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Lalu, apa yang harus dilakukan saat kartu kredit itu tertelan mesin ATM? Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebab kartu kredit bisa tertelan mesin ATM seperti dikutip dari Cermati.com.

Penyebab kartu kredit bisa tertelan
Tentu saja kartu kredit tertelan di mesin ATM bukan tanpa alasan. Ada cukup banyak penyebab kartu kredit, kartu debit, maupun kartu ATM bisa tertelan. 

Namun dari banyaknya penyebab yang ada, umumnya kartu kredit tertelan karena 3 hal berikut ini:

1. Pengguna yang terlalu lama tidak mencabut kartu

Banyak yang masih menyepelekan hal ini ketika mengambil uang atau melakukan transaksi di ATM. Kebanyakan pengguna lebih memilih menghitung uang terlebih dahulu sehingga lupa untuk mengambil kartu kreditnya dari mesin ATM.

Padahal seharusnya kartu kredit harus segera ditarik, jika tidak ditarik maka kartu akan masuk kembali ke mesin dan tertelan. Jadi Anda tidak boleh lupa mencabut kartu kredit sesegera setelah kartu keluar dari mesin ATM.

2. Mesin ATM yang error atau hang karena listrik mati secara tiba-tiba

Mesin ATM bekerja dengan listrik, jadi jika listrik tiba-tiba mati ketika Anda belum selesai melakukan transaksi maka kartu Anda akan tertelan. Kartu tersebut tidak akan keluar lagi meskipun listrik segera menyala.

Hal ini tidak dapat dicegah karena kita tidak tahu kapan listrik akan mati. Jika memang listrik mati saat Anda melakukan transaksi mungkin Anda memang dalam keadaan tidak beruntung.

3. Salah memasukkan PIN

Salah tiga kali dalam memasukkan PIN juga bisa menjadi salah satu penyebab kartu kredit Anda tertelan mesin. Ketika Anda lupa PIN atau dalam keadaan tidak fokus dalam memasukkan PIN, mungkin hal tersebut menjadi penyebabnya. Jadi Anda harus selalu fokus saat memasukkan PIN agar tidak salah sebanyak 3 kali.

Cara Mengatasi Kartu Kredit yang Tertelan Mesin ATM

Sebenarnya, kartu kredit tertelan merupakan bentuk security yang diberikan oleh bank untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak berhak. Kartu kredit yang lupa tidak dicabut bisa diambil orang lain jika Anda meninggalkannya, maka mesin ATM menelannya agar tidak diambil orang lain.

Namun jika terlanjur tertelan karena beberapa alasan di atas, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. 

Berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan saat kartu kredit tertelan:

1. Tetap Tenang, Tak Perlu Panik

Kebanyakan orang akan langsung panik jika kartu kredit mereka tertelan oleh mesin ATM. Padahal ketika panik, Anda malah tidak bisa berpikir dengan jernih untuk mengatasi hal tersebut.

Jadi usahakan untuk tetap tenang meskipun transaksi Anda tidak berhasil. Sebab, pihak bank pasti akan membantu setiap masalah yang dialami oleh nasabahnya.

Sebenarnya dalam hal ini tidak ada yang perlu Anda khawatirkan berlebihan karena kartu akan tetap aman jika Anda melakukan langkah selanjutnya dengan baik.

2. Hubungi Costumer Service Bank Penerbit Kartu Kredit

Jika Anda sudah tenang dan merasa tidak panik lagi, segera cari informasi mengenai call center bank penyedia kartu kredit. Anda tidak boleh panik ketika menghubungi call center bank agar bisa menjelaskan permasalahan dengan baik. Itulah fungsi untuk tidak panik sejak awal agar bisa langsung menghubungi pihak bank dengan baik.

Jika tidak memiliki nomor call center bank penyedia kartu kredit, Anda bisa mencarinya di internet. Biasanya Anda bisa menemukannya dengan mudah di situs resmi bank penyedia. Namun pastikan bahwa Anda mencari nomor call center bank penerbit bukan nomor call center ATM bank dimana Anda melakukan transaksi.

3. Mintalah Pemblokiran Kartu Kredit Anda

Nomor call center bank penerbit biasanya tidak bebas pulsa, jadi paling tidak Anda harus memiliki pulsa sebanyak Rp20.000. Anda harus menyiapkan pulsa yang sedikit banyak karena menghubungi call center tidak sebentar.

Mereka akan melakukan verifikasi terlebih dahulu kepada Anda untuk memastikan bahwa Anda memang benar pemegang kartu yang tertelan. Hal yang ditanyakan biasanya yaitu data diri sebagai validasi, permasalahan, baru kemudian permintaan pemblokiran.

Anda perlu melakukan pemblokiran agar kartu kredit aman oleh penyalahgunaan. Selanjutnya Anda bisa melakukan penggantian kartu kredit baru ke bank. Tanyakan prosedur penggantian kartu kredit baru kepada call center.

Lakukan dengan Cara yang Tepat Saat Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM

Sebenarnya, kartu kredit tertelan oleh mesin ATM merupakan hal yang biasa. Jadi Anda tidak perlu panik dan segera hubungi call center untuk melakukan pemblokiran. Pihak bank penyedia kartu kredit akan membantu Anda menyelesaikan masalah hingga kartu kredit bisa digunakan kembali. (*)