Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Self Healing? Bagaimana Caranya Self Healing?


Apa itu Self-Healing?

Berdasarkan Ilmu Psikologi, Self Healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin di masa lalu.

Luka batin ini termasuk gangguan psikologis, trauma, pengalaman buruk, atau kejadian lainnya yang memberikan dampak buruk pada kondisi emosional seseorang

Tujuan dari self-healing

1. Memahami diri sendiri
2. Menerima Ketidaksempurnaan diri
3. Membentuk Pikiran positif dari apa yang telah terjadi
4. Self-Healing tidak hanya menyembuhkan pikiran dan jiwa namun juga tubuh kita.

Siapa saja yang butuh self-healing?

Hampir Semua Orang memiliki sisa - sisa luka emosional yang didapatkan di masa lalu. Jadi kita semua sebenarnya bisa melakukan self-healing dan mendapatkan manfaatnya.

Cara-cara melakukan self-healing

1. Me Time

Me-Time artinya waktu untuk diri sendiri. Umumnya masalah yang belum selesai berhubungan dengan kehadiran orang lain. Me - Time bermanfaat untuk membuat diri nyaman dan lebih rileks.

2. Berbicara dengan diri sendiri

Berbicara sendirian bisa melampiaskan perasaan buruk terhadap sesuatu  . Ketika anda mulai memahami diri sendiri, muncul rasa syukur atas kehidupan yang diberikan.

3. Masa Lalu hadir untuk dimaknai

Ubahlah gambaran masa lalu sebagai pengalaman dan ambisi sisi positif untuk penyembuha. Masa lalu bisa ada di masa kini untuk dimaknai dan menjadi pelajaran ke depan.

4. Menulis Ekspresif 

Menulis Ekspresif merupakan cara self-healing untuk menjelaskan segala perasaan yang dialami.

5. Penyesalan sebagai kekuatan

Penyesalan, kesalahan, dan pengalaman memalukan di masa lalu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Penyesalan ini membuat seseorang berpikir berlebihan sehingga menimbulkan kecemasan. Cobalah untuk mengabaikan pikiran negatif itu dan melakukan hal yang positif.

6. Berdamai dengan keadaan

Peristiwa Buruk bisa membekas di pikiran seseorang. Anda berhak marah dan terluka karena peristiwa tersebut. Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan mencoba berdamai dengan keadaan. Terima setiap keadaan yang menimpa untuk menjadi pembelajaran.

7. Self - Compassion

Memahami keadaan emosi atas penderitaan yang dialami. Cara sel-healing ini berguna untuk memahami diri sendiri. Self Compassion membuat seseorang bisa menguatkan kepedulian, merespon peristiwa buruk, dan berupaya membebaskan diri dari masa lalu yang menakutkan.

8. Mindfulness

Cara self-healing ini membantu mengelola pikiran, perasaan dan lingkungan yang ada di dalam pikiran. Mindfulness bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Contohnya saja menutup mata dan menghirup udara segar. Cara ini berguna untuk fokus pada diri sendiri dan segala pikiran yang dimiliki.
  
9. Memaafkan diri sendiri

Setelah menerima sendiri, cara lainnya adalah memaafkan diri sendiri. Terkadang tidak semua orang bisa memaafkan diri sendiri yang diakibatkan masa lalu. Bahkan tidak mudah untuk seseorang bisa melupakan peristiwa masa lalu yang menyakitkan.

10. Kegiatan Positif

Kita bisa melakukan kegiatan positif seperti hobi yang bermanfaat. Mendapatkan waktu luang ketika sendirian untuk melakukan kegiatan positif. Kegiatan positif ini bisa membantu seseorang untuk lebih bahagia dan proses penyembuhan. (*)