Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pinjaman Online Ditinjau dari Hukum dan Syariah. Bagian 1

pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,

Purwakarta Online - Kemajuan teknologi saat ini telah memanjakan manusia di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, mulai dari kebutuhan primer seperti pesan makanan secara online, sampai pada kebutuhan pinjaman keuangan yang juga dapat dilakukan secara online, yang bisa saja digolongkan sebagai pemenuhan kebutuhan sekunder atau tersier.

Banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk membuka bisnis pinjaman uang dengan cara yang mudah, tanpa banyak syarat bisa mendapatkan uang, pinjaman online menjadi salah satu bisnis yang dapat membuat orang-orang dengan mudah mendapatkan uang tanpa harus bekerja keras hanya dengan cukup smartphone yang berbasis online dan syarat yang mudah mereka bisa langsung mendapatkan uang.

Namun, resiko yang didapat oleh orang-orang terkait bisnis yang dilakukan justru semakin besar karena tingkat tagihan pinjaman yang semakin tinggi.

Pinjaman Online secara syariah adalah kumpulan atau gabungan penemuan antara keuangan dan teknologi pada proses pelayanan keuangan serta investasi yang berlandaskan nilai-nilai ajaran islam.

Meskipun fintech syariah artinya jenis penemuan baru tetapi perkembangannya cukup pesat, intinya pada kepercayaan islam memiliki beberapa aturan yang menjadi acuan sesuai dengan prinsip islam.

Menilik dari UU No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah hal dasar yang membedakan antara syariah dan konvensional adalah kegiatan atau pelaksanaan bank syariah sesuai dengan prinsip syariah. Meskipun demikian, pelaksanaan pinjam meminjam secara online perlu memanfaatkan saluran distribusi. (*)

Sumber
Arinda Elsa Fitra. 2021. Dilema Pinjaman Online di Indonesia: Tinjauan Sosiologi Hukum dan Hukum Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum Volume 19 Nomor 2 Desember 2021. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/diktum/article/view/2162, diakses pada tanggal 22 Januari 2022.