Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

50 Jualan apa yang laku di kampung? Ini dia 50 bisnis yang cocok di pedesaan. Bagian 1

Pengusaha ojek terkemuka di Indonesia. Idenya sederhana, cuannya mendunia
Purwakarta Online – Saat ini Jakarta tak semenarik dulu, konon banyak factor yang menyebabkan hal ini terjadi. Seperti otonomi daerah, isu desentralisasi, Dana Desa dan lain sebagainya, membuat ekonomi tumbuh lebih tersebar. Perputaran uang tidak lagi terkonsentrasi di Jakarta. Benarkah seperti itu?

Seperti di Purwakarta, banyak pendatang dan memilih tinggal di desa, padahal dilihat dari tingkat pendidikannya mereka tidak terlalu rendah. Bahkan keluarga yang pergi merantau ke Ibu kota, berangsur pulang dan membangun kehidupan di desa.

Kemudian beberapa diantara mereka ada yang tampak kikuk, bingung mau usaha apa? Oleh karena itulah, artikel ‘50 Usaha atau Jualan Apa Yang laku di Kampung’ ditulis. Sangat dimungkinkan, fenomena hidup di kampong tidak hanya terjadi di Purwakarta saja. Oke, langsung kita bahas satu per satu:

1. Toko Pupuk

toko pupuk
Bertani atau bercocok tanam merupakan salah satu profesi dari banyak orang di tanah air. Istilahnya mayoritas penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. Hal ini tak terlepas dari suburnya tanah di Indonesia dengan lahan yang sangat luas. Sehingga berbagai jenis tumbuhan dan tanaman bisa berkembang subur di nusantara.

Banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai petani dan bercocok tanam di wilayah pedesaan dan pinggiran kota menjanjikan peluang usaha di bidang pupuk pertanian, karena pupuk menopang kesuksesan kegiatan pertanian.

a. Peluang Bisnis Usaha Pupuk Pertanian bagi Pemula

Melihat adanya peluang usaha yang berprospek cerah saat ini dalam bidang pertanian maka ada sebagian pengusaha yang memutuskan membuka usaha toko pupuk pertanian. Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan usaha pupuk pertanian sejak lama dijalankan dan tak pernah sepi konsumen.

Bisnis jualan pupuk pertanian dari tahun ke tahun menjadi usaha yang sangat menjanjikan dijalankan di kota maupun di desa. Di kota Cimahi ada sebuah toko pupuk pertanian yang laris manis. Sedangkan di pedesaan sudah menjamur usaha pupuk pertanian dan juga laku keras semuanya.

Hal di atas tak terlepas dari permintaan akan pupuk pertanian di berbagai daerah di tanah air sangat besar. Apalagi pada musim masa tanam usaha toko pupuk pertanian laris manis diserbu para petani yang hendak membeli pupuk untuk bercocok tanam.

Baik bertanam padi, sawi, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain. Berdasarkan fakta di lapangan, hal tersebut membuat pengusaha toko pupuk pertanian di desa dan kota kerapkali mengalami kewalahan dalam menangani pesanan pupuk yang sedemikian sangat besar.

Apabila anda sekarang ini sedang memikirkan untuk membuka suatu jenis usaha yang menguntungkan untuk saat ini dan masa mendatang maka pilihan mendirikan usaha toko pupuk pertanian menjadi salah satu jenis usaha yang perlu dipertimbangkan. 

Karena potensi keuntungan yang sangat besar dan tingkat resiko kerugian yang sangat rendah dari usaha toko pupuk pertanian. Belum lagi laba bersih ditambah dari hasil penjualan obat-obat dan alat perlengkapan pertanian. Sungguh menggiurkan laba dari bisnis pupuk pertanian.

Tidak usah aneh jika anda mendapatkan banyak pengusaha pupuk pertanian yang sudah mencapai keberhasilan dan kaya raya dari usaha toko pupuk pertanian. Karena memang bisnis ini sangat menguntungkan dan laba yang sangat luarbiasa besar.

Jika anda berminat untuk memulai usaha toko pupuk pertanian, maka penulis di sini akan memberikan sedikit penjelasan yang sangat lengkap mengenai langkah-langkah yang gampang dalam membuka usaha toko pupuk pertanian dari awal sampai siap berdiri.

Bisnis dalam bidang penjualan pupuk pertanian termasuk jenis usaha yang menyediakan berbagai macam jenis pupuk untuk keperluan pertanian dan bercocok tanam. Bisnis ini sangat menguntungkan yang membuat banyak orang menjalankan usaha toko pupuk pertanian baik di desa maupun di kota.

Walaupun tingkat persaingan cukup tinggi terutama di pedesaan, usaha ini tetap menjanjikan keuntungan besar. Karena pangsa pasar yang masih teramat luas dan terbuka lebar sampai kapanpun.

b. Persiapan Membuka Usaha Kios Pupuk Pertanian


Jika anda berminat untuk memulai usaha toko pupuk pertanian maka berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis kios pupuk pertanian dari awal sampai buka agar sukses dan menguntungkan, antara lain:

▪ Prospek Usaha

Sebelum memulai usaha toko pupuk pertanian, sobat terlebih dahulu harus melihat prospek dan potensi usaha pupuk pertanian di wilayah anda. Berapa banyak pesaing? Berapa harga pupuk pertanian yang ditawarkan? Apa saja pupuk pertanian yang dijual? Bagaimana pelayanan toko pupuk pertanian pesaing anda? Dan lain sebagainya. Teknik ini dinamakan juga survey pasar dan kelayakan usaha.

Setelah didapatkan data-data di atas yang ternyata prospek membuka bisnis toko pupuk pertanian di wilayah sobat sangat menjanjikan dan menguntungkan saat ini dan masa mendatang, langkah selanjutnya adalah keberanian anda untuk mulai buka usaha pupuk pertanian dengan terlebih dahulu mempersiapkan modal usaha pupuk pertanian dari awal sampai akhir. Jika anda mempunyai modal terbatas maka usaha toko pupuk pertanian bisa dimulai dengan modal kecil.

Untuk membuka usaha toko pupuk pertanian sangat gampang. Siapapun bisa memulai usaha toko pupuk pertanian yang menyediakan berbagai macam pupuk meliputi pupuk urea bersubsidi, pupuk petrokimia gresik, pupuk kandang, pupuk kompos, dan jenis pupuk lain sebagainya. 

Seorang ibu rumahtangga, karyawan, pelajar, mahasiswa dll bisa menjalankan bisnis ini secara sampingan maupun rumahan. Mudah dalam penjualan itulah salah satu kelebihan dari usaha toko pupuk pertanian.

▪ Pangsa Pasar

Anda harus menentukan pangsa pasar yang anda bidik seperti kalangan petani di daerah sekitar. Berapa jumlah petani? Dan kemanakah mereka membeli pupuk? Jika mereka membeli pupuk di toko pupuk pertanian yang jauh lokasinya maka usaha toko pupuk pertanian sobat bisa menjadi pilihan utama. 

Karena lokasi yang sangat dekat apalagi ditunjang dengan kelengkapan bisnis pupuk dan peralatan pertanian lainnya dengan harga lebih murah dari kompetitor. Dan berdasarkan kenyataan, pangsa pasar usaha pupuk pertanian sangat luas dan tidak terbatas. Setiap petani memerlukan pupuk untuk bercocok tanam.

▪ Produk yang Dijual

Anda harus menentukan produk pupuk pertanian apa saja yang anda jual? Selain menyediakan pupuk pertanian, anda bisa juga menjual berbagai alat dan kelengkapan pertanian. Seperti obat-obatan pertanian, benih tumbuhan sayur-sayuran dan buah-buahan, aneka jenis dan ukuran pot, vitamin, nutrisi, bibit, menjual traktor, dan produk yang masih berhubungan dengan usaha pertanian lainnya. 

Hal ini berguna untuk menambah keuntungan usaha pupuk pertanian sekaligus menimbulkan citra baik bahwa toko pupuk pertanian anda sangat lengkap. Bukan hanya menjual pupuk tapi juga menjual alat dan perlengkapan pertanian lain.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari pupuk dan produk-produk pertanian lainnya maka anda mesti mencari supplier atau distributor pupuk yang besar yang mampu memberikan harga produk pertanian dengan lebih murah. 

Setelah itu, jika usaha toko pupuk pertanian anda semakin berkembang pesat dan mempunyai modal usaha yang berlebih maka tak ada salahnya anda mencoba untuk menjadi distributor atau agen pupuk pertanian di daerah sobat. Misalnya distributor pupuk petrokimia gresik, pupuk urea bersubsidi dan lain sebagainya.

Rincian Biaya Modal Usaha Pupuk Pertanian untuk Pemula

Melihat keuntungan yang cukup menjanjikan dari usaha pupuk pertanian, membuat seorang pemula bertanya-tanya berapa biaya modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha pupuk pertanian dari nol sampai siap buka. Berikut ini rincian biaya modal usaha toko pupuk pertanian untuk pemula, antara lain:

▪ Berbagai Jenis Pupuk Pertanian

Namanya juga usaha toko pupuk pertanian yang berarti menyediakan berbagai jenis pupuk. Misalkan pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk urea bersubsidi, pupuk urea non subsidi, pupuk petrokimia gresik dll. Pastikan anda menjual pupuk secara komplit.Untuk memulai bisnis ini anda bisa membeli pupuk dalam jumlah banyak maupun jumlah sedikit sebagai awal permulaan. Harga jual pupuk pertanian ke tangan konsumen bisa dimulai dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 200 ribu sesuai jenis dan berat. Modal awal untuk belanja pupuk pertanian sebesar Rp 10 juta.

▪ Etalase dan Rak

Untuk memajang produk-produk pertanian seperti aneka macam pupuk dll. Harga etalase dan rak sebesar Rp 3 juta.

▪ Alat dan Perlengkapan

Perlengkapan usaha toko pupuk pertanian meliputi meja, kursi, lampu penerangan, peralatan tulis menulis, wadah, timbangan, pisau, gunting, alat kebersihan dan lain-lain. Biaya untuk membeli alat dan perlengkapan usaha pupuk pertanian diperkirakan sebesar Rp 2 juta.

▪ Biaya Promosi

Promosi usaha toko pupuk pertanian bisa dengan cara memasang neon box, membagikan brosur, pasang spanduk dan pamflet. Dan tak boleh dilupakan untuk konsisten beriklan di dunia online yang meliputi beriklan di media sosial seperti facebook, path, instagram, bbm, whatsapp, line dan lain-lain. Biaya promosi usaha toko pupuk pertanian diperkirakan menghabiskan dana Rp 1 juta.

▪ Sewa lokasi usaha

Lokasi untuk usaha toko pupuk pertanian diusahakan berada di tempat strategis yang mudah dijangkau orang. Seperti pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lalang orang. Pokoknya, anda dapat mendirikan usaha toko pupuk pertanian di tempat strategis di daerah pusat kota, pinggiran kota dan desa. 

Dengan potensi usaha yang sangat menjanjikan. Harga sewa lokasi usaha toko pupuk pertanian di pedesaan terpencil sekitar Rp 4 juta pertahun. Untuk sewa lokasi usaha toko pupuk pertanian di kota sebesar Rp 8 juta pertahun.

Apabila anda mempunyai lahan strategis di pinggir jalan raya yang ramai atau anda memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa menghemat biaya sewa dengan cara membuka usaha toko pupuk pertanian di depan rumah atau lahan strategis yang anda miliki. Sambil mengurus rumah tangga dan mengasuh anak, anda tetap dapat menghasilkan uang tambahan dari gerai usaha toko pupuk pertanian.

▪ Upah Karyawan

Pada awal merintis usaha toko pupuk pertanian bisa saja anda bekerja sendirian untuk menghemat biaya modal usaha. Namun seiring bertambah berkembang usaha pupuk pertanian dan menjadi distributor pupuk pertanian maka semakin banyak pelanggan yang membuat anda kewalahan menangani pesanan pupuk. Saat inilah langkah tepat untuk merekrut satu orang karyawan. Untuk besaran gaji karyawan, anda bisa menerapkan sistem UMR atau gaji tetap bulanan sekitar Rp 1 juta perbulan.

Total biaya modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko pupuk pertanian di pedesaan dan kota sebesar Rp 21 juta. Dengan catatan bahwa keuntungan bersih usaha kios pupuk pertanian diprediksi sebesar Rp 5 juta perbulan. Dan BEP atau balik modal diperkirakan dalam waktu kurang lebih 4 bulan.

2. Jualan sayur


Berikut ini beberapa nalaisa usaha jualan sayur. Ulasan mengenai modal, keuntungan yang diambil, dan BEP-nya:

a. Modal yang dibutuhkan

Jumlah modal awal bisa ditentukan berdasarkan kemampuan Anda. Misalnya, modal awal yang disiapkan adalah Rp 3.000.000,-.

Dengan uang ini, cobalah lengkapi item produk penjualan sayuran. Mulai dari ikan, tempe, tahu, sayur mayur, buah, dll.

Pilihlah item-item yang paling sering dicari orang. Untuk sayuran, kangkung, wortel, kubis, kentang, bawang merah, bawang putih, dll. Pastikan kebutuhan pokok untuk memasak sudah dicukupi.

b. Keuntungan yang diambil

Biasanya keuntungan yang diambil adalah Rp 500,- sampai Rp 1.000,- per item. Tapi tergantung juga pada produknya.

Anggap saja, secara keseluruhan ada profit margin sebesar 5 % – 15 % yang dapat diambil.

Artinya, dalam modal Rp 3.000.000,-, dapat diperoleh laba sebesar Rp 300.000,- (dengan profit margin 10 % diambil rata-rata dari 5 % dan 15 %.

Dianggap perputaran Rp 3.000.000,- ini untuk sehari. Maka dalam sebulan akan didapatkan laba sebesar Rp 9.000.000,- (tanpa libur).

Ingat, keuntungan di atas belum bersih. Karena masih disesuaikan dengan metode jualan yang dipilih. Kalau keliling, Anda harus membeli bensin. Kalau di rumah, ada biaya air dan listrik.

c. BEP

Meski belum dikurangi biaya-biaya yang mungkin, bisnis ini tetap menjanjikan sebab dapat BEP di bulan pertama.

Apalagi jika dalam bisnis sayuran ini Anda dapat bekerja sama dengan pemilik bisnis pengepul hasil pertanian di mana harga belinya biasanya murah karena langsung dari petani.

3. Bisnis Cafe Tempat Nongkrong Sederhana


Apa yang terlintas dalam pikiran sobat pada saat mengingat kata cafe minimalis? Tentu sebuah tempat makan minum yang dipayungi suasana menyenangkan seperti restoran. Tapi yang membedakannya, menu makanan dan minuman dalam cafe tak selengkap layaknya restoran. Selain itu ukurannya lebih kecil dari restoran.

Sekarang ini usaha cafe minimalis gampang sekali kita jumpai di berbagai sudut kota hingga ke beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan usaha ini sedang booming di tanah air. Dan seringkali cafe tersebut dijadikan ajang nongkrong bercengkerama para kawula muda untuk sekedar makan dan minum.

Usaha cafe minimalis memiliki prospek yang sangat cerah dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan makan dan minum merupakan kebutuhan dasar manusia setiap hari yang tidak bisa dielakkan. Mungkin manusia bisa menunda kebutuhan lain. 

Tapi kebutuhan makan dan minum tak bisa ditunda. Faktor ini yang membuat peluang bisnis cafe minimalis sangat menjanjikan. Apalagi jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah banyak setiap tahunnya.

Bisnis café minimalis merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat dan menjanjikan ditengah menjamurnya usaha kafe modal besar di berbagai sudut kota di tanah air. Kafe minimalis terbukti tahan banting dan mampu bersaing dengan kafe milik para pemodal besar. 

Tanpa panjang lebar, penulis akan membeberkan tips dan cara sukses yang pertama dalam memulai usaha kafe kecil-kecilan yaitu memilih segmen atau pasar yang tepat seperti para mahasiswa dan pelajar.

Hal ini tak terlepas dari keuangan para pelajar dan mahasiswa cenderung mencukupi untuk makan di kafe kecil. Oleh karenanya, dalam memulai usaha kafe secara kecil-kecilan sangat dibutuhkan kejelian dalam memilih tempat usaha yang tepat yakni yang berada di sekitar lingkungan para mahasiswa dan pelajar. 

Tempat café bagi kalangan ini biasanya dijadikan tempat nongkrong, bercengkerama dengan teman, berdiskusi diluar jam sekolah / kuliah.

a. Rincian Modal Usaha Cafe Minimalis Hingga Buka

Untuk memulai usaha cafe minimalis tidak membutuhkan modal uang yang lumayan besar. Dengan modal uang yang kecil pun sebagai pemula sudah bisa menjalankan usaha cafe yang sederhana dan minimalis. Walaupun ukuran cafe minimalis tapi keuntungan bisa maksimal. 

Pendek kata, salah satu kelebihan memulai bisnis cafe kecil-kecilan atau minimalis adalah modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah gambaran atau rincian analisa modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha café minimalis hingga siap beroperasi :

  • Etalase Rp 6.000.000
  • Sewa Bangunan/Toko 1 tahun Rp 9.100.000
  • Kompor, peralatan masak dll Rp 4.500.000
  • Perlengkapan gelas, piring dll Rp 2.500.000
  • Kursi Dan Meja 10 pasang @900 rb Rp. 9.000.000
  • Bahan baku awal Rp. 2.500.000
  • Upah karyawan 2 orang Rp. 1.500.000
  • Biaya lain-lain Rp. 3.500.000
  • Total Biaya Investasi Rp 38.600.000

b. Tips Sukses Membuka Usaha Cafe Kecil Sederhana

Setelah mengetahui rincian modal usaha yang diperlukan dalam memulai usaha café kecil-kecilan, selanjutnya penulis akan memberikan cara dan tips dalam menjalankan usaha café yang laris manis dan diserbu para pelanggan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha cafe sederhana yang laku dan dipadati para pembeli, antara lain:

1). Tempat usaha. 

Tempat..tempat dan tempat itulah pengulangan kata yang paling tepat untuk menggambarkan pentingnya sebuah lokasi usaha untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha café. Tanpa adanya tempat usaha yang strategis dan bagus sangat sulit bagi usaha untuk berkembang. 

Dan untuk lokasi usaha cafe kecil-kecilan sangat tepat dibuka di sekitar lingkungan kampus yang ramai dilalui oleh banyak kalangan mahasiswa dan pelajar. Sehingga kemungkinan besar usaha café minimalis dikunjungi para konsumen sangat besar.

Pendek kata, pemilihan Tempat Usaha Cafe sangat menentukan perkembangan bisnis cafe selanjutnya. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, menyewa lokasi usaha yang strategis. Kedua, mempunyai lahan milik sendiri yang berada di tempat strategis bisa dimanfaatkan untuk lokasi buka usaha cafe. 

Penulis menganjurkan kepada para pemula untuk memulai usaha cafe menggunakan lahan milik sendiri. Untuk mencegah terjadinya kerugian besar dan tidak perlu membayar uang sewa. Lokasi usaha cafe yang strategis biasanya berada dekat mall, pinggir jalan raya, dll

2). Daftar menu makanan dan minuman sangat lengkap

Daftar menu makanan dan minuman sangat lengkap dan harga terjangkau serta memiliki rasa enak yang terjamin kesehatannya. Para mahasiswa dan pelajar yang datang ke warung café bervariasi dan bermacam alasan. Ada yang sekedar ingin menikmati secangkir kopi. Ada pula yang mau minum minuman dingin menyegarkan semisal jus buah-buahan. 

Mereka menikmati hidangan menu kuliner di kafe minimalis sambil berbincang-bincang santai. Karena itu, usaha café kecil-kecilan bukan hanya menyediakan menu makanan dan minuman. Tapi juga menyediakan aneka snack ringan dengan harga murah meriah. Misalnya pisang goreng ice cream

3). Wifi. 

Nah fasilitas ini yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh usaha café minimalis yang modern dan unik. Adanya fasilitas koneksi wifi gratis di dalam café akan membuat para mahasiswa dan pelajar tertarik untuk mengunjungi kafe tersebut dan betah berlama-lama dalam café. 

Sehingga meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan. Sebab sekarang ini kehidupan anak muda tak terlepas dari jaringan internet. Mereka membutuhkan akses internet apalagi yang gratis untuk sarana mencari informasi, pembelajaran sekaligus media social dll.

4). Konsep café yang menarik

Konsep café yang menarik, unik dan modern dengan pelayanan ramah. Hal ini wajib dilakukan untuk menarik minat mahasiswa dan pelajar untuk makan di café minimalis sobat. Karena kalau kafe sama dengan café lainnya maka tak ada kelebihan yang menonjol. Oleh sebab itu, buatlah nuansa dan dekorasi café kecil-kecilan yang modern, unik dan menarik sesuai perkembangan jaman sekarang ini dan sesuai gaya anak muda kini. 

Misalnya gaya lesehan, menyediakan fasilitas hiburan berbagai lantunan lagu hits enerjik. Sediakan pula berbagai meja makan dan kursi dalam ukuran couple, sedang dan besar untuk dipilih konsumen sesuai kebutuhan mereka.

Promosi usaha yang gencar. Misalnya melalui pemberian voucher makan dan minum gratis jika melakukan pemesanan dalam jumlah tertentu. Mahasiswa dan pelajar sangat tertarik dengan namanya yang gratisan apalagi soal makan dan minum. Mereka sangat mau! 

Trik selanjutnya untuk mempromosikan usaha cafe minimalis sobat bisa dilakukan dengan cara beriklan di koran, radio, pasang pamflet, membagikan brosur, promosi di internet, medsos twitter, google plus, facebook, bbm, path, whatsapp, line dll

Bersambung……………….