Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Camat Kiarapedes: Desa Sumbersari Berprestasi di Level Kecamatan dan Level Kabupaten

H. Diaudin saat Musrenbangdes Sumbersari (6/1/2021)
Purwakarta Online - Drs. H. Diaudin, M.Si., Camat Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta mengapresiasi Desa Sumbersari dan secara gamblang menilainya sebagai Desa yang berprestasi di level kecamatan sekaligus di level kabupaten.

Disampaikan oleh Camat Kiarapedes, Drs. H. Diaudin, M.Si., dalam sambutannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2023 Desa Sumbersari Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Kamis (6/1/2022).

Terbesar Persentase Pajak di Tingkat Kecamatan dan Kabupaten

Dari kanan: Supenda G. (PD), Didin S. (Kades Sumbersari), Aang J. (Ketua BPD) dan M. Anwar (Kasi Ekbang Kec.Kiarapedes)

H. Diaudin menyampaikan selamat atas prestasi Desa Sumbersari dalam hal pajak. Pasalnya, Desa Sumbersari merupakan Desa dengan persentase pencapaian pajak tertinggi di Kabupaten Purwakarta.

"Selamat juara 1 Kabupaten, juara 1 di kecamatan Kiarapedes. Mendapatkan hadiah kulkas, ya? Kelihatan prestasinya," ujar H. Diaudin, disambut tepuk tangan peserta Musrenbang Desa Sumbersari.

Selain mendapatkan hadiah kulkas dari kecamatan Kiarapedes, ternyata Desa Sumbersari juga mendapatkan hadiah Laptop.

Menurut H. Diaudin, pencapaian seperti yang dicapai Desa Sumbersari bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu kerja keras semua elemen yang ada di desa, tentunya dengan segenap stakeholder desa lainnya.

"Ajen (penghargaan) ini yang sulit! Berprestasi di level kecamatan, berprestasi di level kabupaten," seru H. Diaudin.

"Tidak banyak bicara, tapi hasil kerjanya sangat nyata dan sudah terbukti. (Prestasi ini) mau dipertahankan atau mau dikasih ke Desa lain?" lanjut H. Diaudin, bertanya.

H. Diaudin juga menyampaikan, jika target pajak bisa tercapai pada bulan Agustus, maka akan mendapatkan 'hadiah' berupa cashback sebesar 12%. Kemudian jika tercapai pada bulan Nopember, maka akan mendapatkan 8%.

"Agustus 12 %, Nopember 8%. Jadi penyemangat, mana kolektor nya? Nah, itu kolektornya ibu-ibu," ujar H. Diaudin.

Apa yang dicapai Desa Sumbersari, menurut H. Diaudin bisa menjadi tantangan dan penyemangat bagi desa lainnya.

"Desa lain masa kalah sama ibu-ibu? Bukan demi hadiahnya, tapi ini adalah ketentuan (mengenai pajak yang wajib dibayar) dan akan berefek pada lancarnya pembangunan di negara ini," terang H. Diaudin.

Kades Sumbersari Pengurus DPP APDESI (Pusat)

desa sumbersari-kiarapedes-purwakarta-musrenbang
Didin Samsudin, DPP APDESI (kanan) saat berkunjung di Kemenko Polhukam
Disela sambutannya, H. Diaudin sempat memberikan selamat juga kepada warga desa sumbersari. Pasalnya Kepala Desa Sumbersari, Didin Samsudin menjadi salah satu pengurus Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI).

"Selamat kepada warga desa sumbersari, karena Kedesnya menjadi Pengurus APDESI Pusat. Belum tentu Camat bisa mencapai seperti Pak Didin," apresiasi Camat.

Dongkrak sosial ekonomi warga dengan bangun jalan pembuka akses dua desa


Apresiasi Camat Kiarapedes juga menyasar pada pola pembangunan infrastruktur yang dalam jangka panjang dapat mendongkrak sosial dan ekonomi warga desa.

"Alhamdulillah, ini jalan sebelah sini sudah dibangun. Tidak apa-apa, jalan mana lagi yang mau diusulkan? Terutama jalan penghubung dua wilayah desa, akses yang punya efek pada meningkatnya ekonomi warga di desa-desa bersangkutan," terang H. Diaudin.

H. Diaudin mengingatkan, selain Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), untuk kepentingan warga desa masih ada sumber dana lain yang mungkin bisa diajukan.

"Kita buka dokumen perencanaannya, jika memang tidak bisa di-cover oleh APB Desa, mungkin dari BSMS, begitu Pak Babinsa? Atau dari sumber lainnya," pungkas H. Diaudin, mengingatkan. (enjs)