Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aktivitas Positif Pemuda Desa Kiarapedes, Manfaatkan Lahan Nganggur untuk Bertani

Asep Hasanudin
Purwakarta Online - Kepala Dusun 2 Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Asep Hasanudin (30 tahun) mengapresiasi aktivitas pemuda desa di wilayahnya. Asep sangat berterima kasih atas berbagai inisiatif yang telah dikerjakan.

Sebelumnya 27 pemuda yang tergabung dalam kelompok tani Kahuripan ini telah memanen beberapa jenis sayuran. Mereka terus melanjutkan aktivitas bertani hingga saat ini menanam jagung.

"Saya sebagai Kepala Dusun sangat mengapresiasi mereka (pemuda desa), karena mau beraktivitas dalam bidang positif seperti bertani ini," ungkap Asep (Selasa, 14/12/2021).

Sebagai Kepala Dusun, Asep juga mendapat beberapa informasi mengenai kendala yang saat ini dihadapi, yaitu terbatasnya lahan.

"Ya, anak-anak bilang lahan masih terbatas, yang sekarang digunakan rencananya akan dijual oleh pemiliknya," terang Asep.


Asep menjelaskan, apa yang dilakukan para pemuda desa tidaklah sepele, karena menurutnya pada saat para pemuda disibukan dengan aktivitas bertani artinya di waktu bersamaan para pemuda tersebut terhindar dari aktivitas yang tidak produktif.

"Saya dengar di daerah lain, bagaimana para anak muda saat ini ada kasus narkoba atau kriminal-kriminal apa, tentu sebagai Kadus saya khawatir," kata Asep.

Tidak dipungkiri aktivitas yang masih terbilang baru ini belum menghasilkan keuntungan secara finansial. Tapi Asep melihat secara sosial, aktivitas para pemuda tersebut merupakan modal sosial yang sangat berharga di lingkungan desa.

"Dengan kesibukan bertani atau di teras baca, main bola atau apalah, mereka sebenarnya sangat positif. Masalah secara finansial belum bisa menghasilkan sesuai harapan, saya kira itu lain soal," Asep mengakui.

Asep berharap para pemuda terus melanjutkan aktivitas-aktivitas positif tersebut, hingga akhirnya mendorong aktivitas positif lainnya di Desa Kiarapedes.

"Yang penting mereka tetap semangat dan terus bekerja hingga aktivitas mereka pada akhirnya menghasilkan keuntungan-keuntungan yang sesuai apa yang mereka harapkan," pungkas Asep. (*)