Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Purwakarta Online - Indonesia terus berbenah agar bisa memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dengan sejumlah negara maju lainnya. Dalam hal ini, kualitas pendidikan terbaik di dunia ditentukan berdasarkan survei global yang berhubungan dengan persepsi.

Survei ini untuk mengumpulkan skor pada berbagai indikator keberhasilan sebuah lembaga perguruan tinggi. Indikator tersebut adalah sistem pendidikannya, popularitas universitas bagi mahasiswa internasional. Hingga kemampuan negara pada Universitas tersebut untuk menyediakan kualitas bermutu.

Bagi anak muda, memilih kualitas pendidikan terbaik adalah hal penting. Karena pendidikan menjadi modal utama menjadi seorang pemimpin di dunia. Melansir dari laman ican-education, Jumat (10/9/2021), ada sejumlah negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Mau tahu negara mana saja yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi? Yuk simak bersama informasi mengenai 6 negara dengan kualitas terbaik berikut ini.

Negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia

1. Amerika Serikat

Selama dua tahun berturut-turut, Amerika Serikat selalu menjadi negara yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik nomor 1 di dunia. Sistem pendidikan negeri di Amerika Serikat sebagian besar dibiayai oleh pemerintah federal dan merupakan biaya hasil pajak properti negara bagian.

Pelajar harus mengikuti sistem pendidikan sampai grade 13 dari taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Terdapat hingga 70 persen pelajar Menengah Atas lulus dan melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi menurut National Center For Education Statistics. Amerika Serikat juga merupakan rumah bagi 8 dari 10 universitas terbaik di dunia menurut U.S. News.

2. Inggris

Sistem pendidikan di Inggris adalah wajib mulai dari usia 5 tahun sampai 16 tahun. Dengan menerapkan kurikulum nasional, terdapat empat tingkat pendidikan yang berlaku di negara tersebut.

Menurut U.S News, Inggris menawarkan sistem pendidikan terbaik sekaligus menjadi negara yang mempunyai dua universitas yang masuk pada peringkat top 10 Universitas Global terbaik dunia. Rata-rata menawarkan kemampuan matematika, dan baca untuk program penilaian mahasiswa internasional dari OECD.

3. Jerman

Selain Amerika dan Inggris, Jerman ternyata juga masuk daftar negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Di negara Jerman, mengenalkan sistem pendidikan dengan konsep taman kanak-kanak, atau prasekolah sebelum adanya pendidikan wajib sekolah dasar.

Istilah taman kanak-kanak dimulai oleh frederich Froebel pada tahun 1840. Beberapa universitas di Jerman juga masuk dalam jajaran ranking dunia. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar pada grade 4, pelajar Jerman direkomendasikan untuk mengambil salah satu dari program sekolah sekunder berdasarkan performa akademik.

Dengan sistem pendidikan yang berkualitas menurut Organization For Economic Cooperation And Development, nilai penilaian pada program mahasiswa internasional meningkat di atas rata-rata.

4. Kanada

Pendidikan primer dan sekunder di Kanada adalah wajib bagi anak-anak kelas 1, pada usia 5 atau 6 tahun. Setiap tahun konstitusi mendelegasikan kewenangan pendidikan pada setiap provinsi.

Quebec mengharuskan para siswa untuk menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun pada sekolah profesional khusus sebelum mengikuti program studi pada jenjang pendidikan perguruan tinggi. Kuliah di Kanada akan membuat kamu memiliki pengalaman terbaik selama masa studi di luar negeri.

5. Perancis

Kualitas pendidikan terbaik di dunia berikutnya bisa kamu peroleh dengan memilih negara Prancis. Pendidikan di Perancis berdasarkan kurikulum nasional dan merupakan pendidikan wajib mulai dari usia 6 sampai 16 tahun.

Setiap tahun, siswa sekolah menengah atas yang sudah lulus akan mengambil program baccalaureat. Kualifikasi akademik ini sangat penting agar para pelajar bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Sebelum memutuskan melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu perlu memastikan negara tersebut mempunyai tingkat keamanan stabil. Selain itu ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti indeks ranking, kebebasan personal, biaya hidup, layanan kesehatan, kualitas pendidikan, lingkungan dan iklim, tingkat kebahagiaan, dan syarat izin tinggal.

Dengan memilih negara tujuan yang menawarkan sistem pendidikan berkualitas, kamu bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan aman dan nyaman. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. (*)

Sumber: Kompas
search keyword: sistem pendidikan terbaik di dunia 2021,finlandia negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia,sistem pendidikan di finlandia,sistem pendidikan terbaik di dunia 2022,negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah,kenapa finlandia menjadi pendidikan terbaik di dunia,100 negara dengan pendidikan terbaik di dunia,100 negara dengan pendidikan terbaik di dunia 2021,sistem pendidikan terbaik di dunia 2021,sistem pendidikan terbaik di dunia 2020,negara dengan pendidikan terbaik di asia tenggara adalah,sistem pendidikan di finlandia,negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah,finlandia negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia,sistem pendidikan terbaik di dunia 2022,sistem pendidikan terbaik di dunia 2021,sistem pendidikan terbaik di dunia adalah,negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia,negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia,10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia,negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia,negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2021,negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2022,finlandia sistem pendidikan terbaik di dunia,mengapa finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia,ranking sistem pendidikan terbaik di dunia,mengapa finlandia menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia,