Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keuntungan dan manfaat Asuransi yang harus kita ketahui

asuransi-manfaat-keuntungan
Manfaat dan keuntungan ikut Asuransi

Purwakarta Online – Penetrasi industri asuransi di Indonesia masih minim. Berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), penetrasi asuransi jiwa Indonesia tahun 2018 sebesar 1,3 % atau turun dari tahun sebelumnya sebesar 1,4%.

Padahal ada banyak keuntungan menggunakan asuransi. Salah satunya, asuransi bisa memberikan rasa aman dan perlindungan. Misalnya asuransi kesehatan, ketika sakit asuransi bisa mengcover biaya yang dibutuhkan selama di rumah sakit.

Seperti dikutip dari buku "Succesful Financial Planner" oleh Prof. Dr. Adler H. Manurung, R.F.C., Lutfi T. Rizky, S.E., M.M., R.F.A., Jakarta, Sabtu (8/8/2020), berikut merupakan manfaat menjadi peserta asuransi.

Manfaat dan keuntungan ikut Asuransi  


1. Asuransi memberikan perlindungan dan rasa aman


Dengan memiliki polis asuransi, tertanggung akan terhindar dari kemungkinan timbul risiko kerugian di kemudian hari dan menjadi tenang jiwanya karena objek yang diasuransikan dijamin oleh penanggung.

2. Asuransi mendistribusikan manfaat dan yang lebih adil


Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil artinya, semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, semakin besar pula premi pertanggungannya.

3. Asuransi memberikan kepastian


Merupakan manfaat utama asuransi karena pada dasarnya asuransi berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril), yang diperkirakan sebelumnya sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

4. Asuransi menjadi sarana menabung


Uang yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang dapat diambil, ini untuk asuransi jenis tertentu, seperti whole life atau endowment. Bahkan ada produk asuransi yang sengaja digabungkan dengan investasi, yaitu unitlink.

5. Asuransi sebagai instrumen pengalihan dan penyebaran risiko


Artinya melalui asuransi kemungkinan timbul risiko kerugian dapat dialihkan dan disebarkan kepada pihak penanggung.


6. Asuransi membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung


Tertanggung yang akan berinvestasi pada suatu bidang usaha bila sebagian risiko investasi (usaha tertanggung) tersebut dapat ditutup oleh asuransi untuk mengurangi risiko.

7. Asuransi menjadikan hidup lebih tenang


Artinya karena segala risiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung, maka hidup akan terasa lebih tenang dan penuh semangat.

8. Asuransi sebagai jaminan kredit


Maksudnya polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (insurance server as a basis of credit), biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan sangat selektif pada jenis kredit dan bank tertentu.

Sumber: https://economy.okezone.com/amp/2020/08/08/320/2259002/8-keuntungan-asuransi-yang-jarang-diketahui