Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tambang emas Papua adalah yang terbesar di dunia. Betapa media barat sudutkan Indonesia!

PurwakartaOnline.com - Berikut ini adalah terjemahan dari artikel The Guardian. Kami melihat, apa yang ditulis oleh The Guardian sangat menyudutkan Pemerintah Indonesia. 

Apa yang ditulis The Guardian, hanya melihat 'sisi baik' perusahaan kapitalis Freeport, yang jelas diuntungkan dengan izin ekploitasi kekayaan negara Indonesia di Tanah Papua.

Sepertinya mereka, Freeport gerah dengan kebijakan Pemerintah Indonesia di masa Presiden Joko Widodo, yang berusaha mengembalikan keadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia, termasuk bagi rakyat Indonesia di wilayah Papua, dengan cara meninjau ulang perjanjian yang tidak adil dan terlalu menguntungkan Freeport dan oknum-oknum tertentu saja.

Rupanya, Freeport bukan hanya 'beriklan' di media massa dalam negeri saja. Ternyata di media masa kelas Internasional juga, juga 'beriklan' pakai 'SJW' dan oposan politik.

Semoga, Pemerintah Indonesia menang melawan tekanan PERUSAHAAN ASING, juga antek-anteknya di oposisi politik.

Inilah terjemahan artikel The Guardian yang dimaksud:

Judul


Tambang emas senilai $ 100 miliar dan orang Papua Barat yang mengatakan bahwa mereka sedang menghitung biayanya

freeport-gunakan-media-sudutkan-indonesia

Artikel


Pada tahun 1936, ahli geologi Belanda Jean Jacques Dozy mendaki puncak pulau tertinggi di dunia: Gunung Carstensz yang terlarang, batu karang perak yang tertutup salju di tempat yang kemudian dikenal sebagai Nugini Belanda.

Selama pendakian 4.800 meter, Dozy melihat singkapan batu yang tidak biasa dengan garis-garis hijau.

Sampel yang dia bawa kembali memastikan cadangan emas dan tembaga yang sangat kaya.

Saat ini, pegunungan terpencil dan berujung tajam ini adalah bagian dari Papua Barat, Indonesia, dan rumah bagi tambang Grasberg, salah satu tambang emas terbesar - dan tambang tembaga terbesar ketiga - di dunia.

Dimiliki mayoritas oleh perusahaan pertambangan Amerika Freeport McMoRan, Grasberg sekarang adalah pembayar pajak terbesar di Indonesia, dengan cadangan senilai sekitar $ 100 miliar (£ 80 miliar).

Tetapi misi pencarian fakta baru-baru ini (oleh Komisi Keadilan dan Perdamaian Katolik Keuskupan Agung Brisbane) menggambarkan “genosida gerak lambat” yang terjadi di Papua Barat, memperingatkan bahwa penduduk pribumi berisiko menjadi “pameran museum antropologi dari budaya lampau ”.

Sejak kediktatoran Suharto mencaplok wilayah itu dalam referendum PBB tahun 1969 yang sebagian besar dipandang sebagai perampasan tanah tetap, diperkirakan 500.000 orang Papua Barat telah terbunuh dalam perjuangan mereka untuk pemerintahan sendiri.

Puluhan tahun penindasan, penculikan dan penyiksaan oleh militer dan polisi telah menciptakan budaya ketakutan yang sudah berlangsung lama.

Jurnalis lokal dan asing secara rutin dilarang, ditahan, dipukuli dan dipaksa diadili atas tuduhan yang dibuat-buat.

Polisi yang menyamar secara teratur mengikuti para pemimpin agama, sosial dan politik adat.

Dan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar telah dipenjara karena mengikuti demonstrasi yang menuntut kemerdekaan dari Indonesia.

“Tidak ada keadilan di negara ini,” bisik seorang penduduk desa yang tidak mau disebutkan namanya, sambil menoleh ketakutan. Ini adalah pulau tanpa hukum.

Dozy tidak pergi mencari emas pada tahun 1936; tujuannya adalah mengukur puncak gletser tertinggi di kawasan itu.

Tetapi penemuannya memicu minat Freeport Sulphur - kemudian menjadi Freeport Minerals Company dan kemudian, melalui merger tahun 1981 dengan Perusahaan Minyak dan Gas McMoRan, Freeport McMoRan - yang dewan direksinya termasuk Godfrey Rockefeller yang memiliki koneksi baik (menjabat dari tahun 1931 sampai awal 1980-an) dan Henry Kissinger (1988-1995).

Saat ini, suku asli seperti Kamoro dan Amungme mengklaim komunitas mereka telah dilanda kemiskinan, penyakit, penindasan dan degradasi lingkungan sejak tambang mulai beroperasi pada tahun 1973.
Kepala Suku Kamoro, Hironimus Urmani, di Tipuka, dekat tambang Grasberg. 

“Kami adalah orang pesisir, dan kami bergantung pada lingkungan,” kata kepala suku Kamoro, Hironimus Urmani, di Tipuka, desa dataran rendah di hilir sungai dari tambang Grasberg.

“Alam adalah anugerah dari Tuhan, dan kami dikenal dengan tiga S: sagu, sampan dan sungai. Tapi hidup sangat sulit sekarang,"

Urmani bergerak ke seberang sungai, merana hijau dan tak bergerak.

Dia mengklaim bahwa endapan tailing dari tambang telah mengangkat dasar sungai, mencekik ikan, tiram, dan udang yang menjadi dasar pola makan dan ekonomi masyarakat Kamoro secara tradisional.

Laporan tahun 2012 dari Earthworks and MiningWatch Canada menegaskan bahwa limbah tambang dari Grasberg telah “mengubur lebih dari 166 kilometer persegi hutan dan lahan basah yang sebelumnya produktif, dan sebagian besar ikan telah hilang”.

Meskipun sebagian besar Kamoro masih berusaha mencari nafkah dengan memancing dan mencari makan, mereka berjuang untuk mendapatkan pekerjaan berbayar, kata Urmani.

“Kami perlu mendapatkan uang. Tapi sekarang kami menghadapi persaingan besar dari migran non-Papua,”

Penduduk setempat khawatir program transmigrasi pemerintah yang kontroversial, yang memindahkan penduduk Indonesia dari pulau-pulau dengan kepadatan tinggi seperti Jawa ke daerah-daerah berpenduduk rendah, telah memusnahkan seluruh penduduk mereka.

Orang Kristen Pribumi Melanesia - mereka terdiri dari 96% populasi pada tahun 1971 (pdf) - sekarang menjadi 48% minoritas, dengan jumlah diperkirakan akan turun menjadi 29% pada tahun 2020 jika tingkat migrasi terus berlanjut.

Bentrokan antara orang Kristen asli - dan pendatang Muslim Indonesia - juga mengakibatkan kerusuhan, kebakaran, dan cedera.

“Tanah telah dirampas, secara langsung oleh Freeport… dan secara tidak langsung, karena pemukim Indonesia telah mengambil alihnya,” kata Dr Agus Sumule, profesor sosial ekonomi pertanian di Universitas Papua.

“Tekanan [pada masyarakat adat] sangat kuat,” kata Sumule.

"Mereka telah terkena dampak yang sangat negatif."

Pemerintah Indonesia menandatangani kepada Freeport hak untuk mengekstraksi kekayaan mineral dari situs Grasberg di Papua Barat pada tahun 1967.

Laporan tahun 2002 dari Institut Internasional untuk Lingkungan dan Pembangunan (IIED) merinci bahwa perjanjian tanah tidak dinegosiasikan dengan orang Amungme sampai tahun 1974, setahun setelah tambang dibuka, dan dengan Kamoro pada tahun 1997.

Ganti rugi yang dibayarkan untuk tanah Kamoro dan Amungme sebagian besar dalam bentuk manfaat komunal, seperti pembangunan rumah, sekolah dan tempat ibadah.

Laporan IIED mencatat, "Persepsi hak atas tanah dan klaim kompensasi historis adalah sumber ketidakpuasan dan konflik yang berkelanjutan di area pertambangan."

Data sensus baru-baru ini menunjukkan PDB per kapita Papua pada $ 3.510, dibandingkan dengan rata-rata Indonesia sebesar $ 2.452.

Namun Papua memiliki tingkat kemiskinan tertinggi di negara ini, hampir tiga kali lipat dari rata-rata nasional.

Indonesia juga memiliki angka kematian bayi, anak dan ibu tertinggi di Indonesia, serta indikator kesehatan terburuk, dan angka melek huruf yang paling rendah.

Skala kemiskinan paling baik diamati dari dataran tinggi desa Amungme di Banti, hanya 20 mil di bawah tambang Grasberg.

Di sini, penambang tradisional mendulang tailing untuk mendapatkan emas. Perkiraan Earthworks menunjukkan bahwa Freeport membuang sebanyak 200.000 ton limbah tambang, yang dikenal sebagai tailing, langsung ke sistem delta Aikwa setiap hari.

Praktik tersebut telah merusak lingkungan, menurut Earthworks dan penduduk setempat, mengubah ribuan hektar hutan hijau dan bakau menjadi gurun dan merusak air yang dulunya kristal di dataran tinggi.

Tailing dari tambang Grasberg sangat kaya dengan bijih besi sehingga orang Papua harus berjalan kaki selama seminggu untuk sampai ke sini.

Berkerumun di sepanjang sungai dan gurun delta, ribuan pendulang tanpa izin menopang bagian-bagian kecil untuk memperlambat aliran sungai dan menggali sedimen tebal di sisinya.

Meskipun beberapa pendulang ini berada di dalam operasi pertambangan resmi Freeport, mereka tidak digusur atau dikendalikan dengan cara apa pun, kata mereka.

Sebaliknya, mereka mengklaim bahwa mereka menjual temuan mereka kepada polisi dan militer yang bekerja sebagai pengamanan di tambang tersebut. (Sumber Freeport tanpa nama juga membenarkan hal ini).

Salah satu pendulang, Martine Wandango, 25, membungkuk di atas ember airnya saat dia menyaring batu dan mencari bijih.

“Anda hanya dapat bertahan hidup dengan uang, dan Anda hanya dapat menemukan uang dari emas,” kata Martine, yang mengikuti suaminya ke delta 15 tahun lalu dengan berjalan sejauh 60 mil melintasi pegunungan dari desa terpencil di dataran tinggi mereka.
Gambar. Sungai Aikwa, yang dulunya menyediakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Kamoro. 

“Saya bekerja sangat keras karena saya ingin memberikan kehidupan yang lebih baik kepada anak-anak saya, sehingga mereka dapat bersekolah. Tapi itu tidak cukup, jadi dia membantu saya di sini menambang,” kata Martine tentang putrinya, sembilan tahun, yang mengayunkan panci emas di tangannya.

“Pada hari yang baik, saya bisa mendapatkan tiga gram, yang saya jual ke polisi atau [kepada pembeli] di Timika.”

Sebuah desa kecil ketika Freeport tiba di sini 40 tahun yang lalu, Timika sekarang menjadi kota booming yang dipenuhi dengan bar, bordil, toko pengolahan emas dan berbagai personel militer.

Di bawah hukum Indonesia, Freeport adalah sebuah “industri strategis”, yang mengamanatkan bahwa keamanan eksternal untuk tambang, akses jalan dan jaringan pipa semuanya disediakan secara eksklusif oleh pasukan keamanan Indonesia.

Freeport tidak pernah terlibat dalam pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oleh militer Indonesia di Papua.

Freeport McMoRan, yang berbasis di Phoenix, Arizona, tidak menanggapi beberapa permintaan komentar.

Situs web perusahaan mempertahankan metode pembuangan tailing di Grasberg, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), sebuah perusahaan afiliasi:

“Sistem pengelolaan tailing sungai yang dikendalikan PTFI, yang telah disetujui oleh pemerintah Indonesia, menggunakan sistem sungai yang tidak dapat dilayari di dataran tinggi pegunungan dekat tambang kami untuk mengangkut tailing ke daerah rekayasa di dataran rendah di mana tailing dan sedimen lainnya dikelola di daerah pengendapan.”

Sebuah laporan tahun 2009 oleh perusahaan mengatakan mereka menggunakan tanggul untuk menampung tailing di daerah pengendapan, dan bahwa program pengelolaan tailing merugikan Freeport McMoRan $ 15,5 juta (£ 12,7 juta) setiap tahun.

Menurut laporan tersebut, perusahaan yang memantau kehidupan air di sungai menemukan bahwa ikan dan udang layak untuk dikonsumsi, sebagaimana diatur oleh standar makanan Indonesia, sedangkan sampel kualitas air memenuhi standar air minum Indonesia dan Badan Perlindungan Lingkungan AS untuk logam terlarut.

Dalam laporan BBC 2011 tentang dugaan pencemaran di daerah sekitar Grasberg, perusahaan mengatakan bahwa metode pengelolaan tailing dipilih karena penelitian menunjukkan bahwa dampak lingkungan yang disebabkan oleh bahan limbahnya dapat dibalik.

Di bagian lain situs webnya, perusahaan mengatakan:

“Kami berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia. Kebijakan hak asasi manusia kami mengharuskan kami (dan kontraktor kami) untuk menjalankan bisnis dengan cara yang konsisten dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dan untuk menyelaraskan praktik uji tuntas hak asasi manusia kami dengan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia (Prinsip Panduan PBB ). ”

Perusahaan juga menekankan kerja sama dengan masyarakat adat di Papua Barat. Laporan Freeport McRoRan 2015 tentang bekerja menuju pembangunan berkelanjutan mengatakan:

“PTFI telah terlibat dengan suku asli Papua selama beberapa dekade, termasuk melalui berbagai perjanjian formal untuk mempromosikan pelatihan ketrampilan tenaga kerja, kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur dasar… Pada 2015, PTFI terus mengevaluasi efektivitas opsi alternatif bagi anggota masyarakat Kamoro yang jalur transportasi muara dipengaruhi oleh sedimentasi yang terkait dengan sistem pengelolaan tailing sungai yang terkendali. Penyediaan kapal berukuran lebih kecil, selain 50 kapal penumpang, untuk fleksibilitas rute serta program pengembangan ekonomi lokal tambahan diidentifikasi sebagai langkah-langkah mitigasi tambahan selama tahun ini. ”

Kembali ke daerah sekitar tambang Grasberg, banyak orang Papua, yang berjuang untuk bekerja, menemukan diri mereka ditarik ke bar dan industri seks yang melayani para penambang, terutama di sekitar desa dataran tinggi Banti.

Di sini rumah bordil dan bar berbaris berdampingan, diduga dengan bantuan dari militer Indonesia, yang konon memasok pekerja seks dan alkohol, menurut sumber Freeport yang tidak mau disebutkan namanya.

Para kepala adat telah menyaksikan pergaulan bebas yang baru ditemukan telah membawa infeksi menular seksual yang telah memporak-porandakan komunitas mereka.

“Budaya tradisional Papua melarang seks bebas, tetapi alkohol membuat komunitas kami rentan,” kata kepala suku Amungme, Martin Mangal.

“Dan rumah bordil memudahkan penularan HIV.”

Tingkat HIV di Papua Barat dalam proporsi "epidemi", menurut PBB, 15 kali lebih tinggi daripada di tempat lain di Indonesia.

Hampir seluruhnya didorong oleh seks yang tidak aman, HIV juga jauh lebih umum di antara penduduk asli Papua.

Namun dengan hanya ada satu rumah sakit - yang dibangun oleh Freeport - membuat sebagian besar masyarakat, terutama yang tinggal di desa dataran tinggi yang terpencil, tidak mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

Akhir tahun lalu, Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengklaim bahwa dia bersedia bekerja untuk "Papua yang lebih baik":

"Saya ingin mendengarkan suara rakyat."

Namun, pelanggaran hak asasi manusia sebenarnya meningkat sejak Jokowi berkuasa, menurut Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Indonesia, yang mencatat 1.200 insiden pelecehan, pemukulan, penyiksaan, dan pembunuhan orang Papua oleh pasukan keamanan Indonesia sejak pemilihannya. pada tahun 2014.

Pemerintah Indonesia tidak menanggapi beberapa permintaan komentar. Militer negara secara konsisten membantah melakukan kesalahan di Papua.

Terlepas dari segalanya, ada secercah harapan. Musim panas ini, firma hukum hak asasi manusia Belanda Prakken D'Oliveira mengajukan pengaduan hukum formal terhadap Indonesia ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB, menuduh pemerintah melakukan "pelanggaran hak asasi manusia jangka panjang, meluas dan sistematis" dan "penolakan sepenuhnya terhadap hak tersebut. untuk penentuan nasib sendiri rakyat Papua Barat ”.

Akhir tahun ini, Papua Barat diharapkan mendapatkan keanggotaan penuh Melanesian Spearhood Group, koalisi sub-regional penting dari negara-negara termasuk Fiji, Vanuatu, dan Papua Nugini.

Komisi Brisbane, yang memperingatkan risiko genosida, menyerukan Indonesia untuk mengizinkan Papua, untuk selamanya, hak untuk menentukan nasib sendiri.

Namun ada kekhawatiran bahwa peluang perubahan di Papua sudah lama hilang.

“Apakah penyembuhan itu mungkin?” tanya Profesor Agus Sumule sambil menggelengkan kepala.

"Ini bisa terlambat."

Sumber: The Guardian
Link:
https://www.google.com/amp/s/amp.theguardian.com/global-development/2016/nov/02/100-bn-dollar-gold-mine-west-papuans-say-they-are-counting-the-cost-indonesia