Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dapur Harapan Nusantara: Jangan malu jadi petani!

Purwakarta Online - Pesan kuat dilontarkan komunitas ini, "Jangan malu jadi petani!" Dapur Harapan Nusantara atau sering disebut dengan singkat jadi Dahan, mereka adalah petani, masih muda dan ada yang ‘masih tua' juga, tapi petani muda lebih banyak. Karena banyak diantara mereka merupakan anggota Himpunan Pemuda Tani (Hidata).

Dapur Harapan Nusantara mengadakan acara Hajat Tani, yang digelar secara gotong royong bersama para petani lainnya. Hajat Tani adalah buah kreatifitas dari mereka anak muda yang sehari-hari kita sebut mereka Petani Muda.

Mereka benar-benar petani, apa yang mereka kerjakan adalah pekerjaan pertanian. Terlepas dari on-farm atau off-farm, kita bisa tinjau dengan kacamata Agribisnis. On-Farm, mereka yang bergelut dalam pertanian dengan cara beraktivitas di lahan, kebanyakan di sektor budidaya.

Sedangkan off-farm, mereka bergelut di pertanian bagian hilir atau non lahan. Bisa jadi mereka adalah pemasar, penyedian sarana produksi pertanian (Saprodi) atau di kelembagaan, pendidikan pertanian dan keuangan.


Sumber video: Kopel TV