Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jalan Sudirman Purwakarta Jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas

polisi-purwakarta
Salah satu jalan protokol Purwakarta
PurwakartaOnline.com - Jalan Jendral Sudirman (Pasar Juma’ah) Kabupaten Purwakarta masuk menjadi salah satu KTL (Kawasan Tertib Lalu Lintas). Rencananya panjang jalur yang masuk dalam KTL sepanjang 2 Kilometer.

"2 kilometer, sepanjang jalan sudirman masuk dalam kawasan tertib lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky. Di Jalan Sudirman Purwakarta. Senin (16/9).

Untuk meningkatkan tersebut, pihaknya mengatakan bukan hanya aparat kepolisian, tetapi 5 pilar termasuk kesadaran masyarakat dalam berkendara agar KTL bisa terlaksana termasuk target zero accident.

"Semuanya jadi tanggung jawab bersama, bukan hanya 5 pilar semata tapi masyarakat pun harus ikut serta mewujudkan," jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Perhubungan Purwakarta, Saepudin mengatakan bahwa sepanjang Jalur Sudirman akan menjadi KTL.
 
Kompol Eka Permatasari (Kanan) persiapan mengecek KTL
Termasuk memperbaharui rambu lalu lintas termasuk marka jalan, selain itu optimalisasi petugas di lapangan.

"Kita perbaharui rambu - rambu termasuk, pemahaman dan sosilisai kepada masyarakat. Selain itu dibeberapa titik kita juga turunkan petugas dari mulai pagi hari," ungkapnya.

Sedangkan menurut Kasi Manajemen OPS Rekayasa Subdit Keamanan & Keselamatan Ditlantas Polda Jabar Komisaris Polisi Eka Permatasari. Mengatakan pilot project keselamatan lalu lintas marka, untuk KTL tertib aman lancar, yang meninjau lokasi KTL.

Mengatakan perlu adanya peningkatan diantaranya rambu - rambu lalu lintas, tinggal diperbaharui lagi. Karena salah satu syarat wajib kawasan tersebut.

"Targetnya yaitu keselamatan dalam berlalu lintas, ini bukan hanya tugas polisi dan 5 pilar tetapi untuk seluruh masyarakat. Kalaupun kekurangan disini mungkin perbaiki rambu - rambu," jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kebijakan Pemkab Purwakarta, yang menerapkan masuk sekolah jam 6 pagi. Yang bisa menjadi alternatif mengurai kemacetan.

"Ya bagus itu kebijakannya, jadi salah satu cara untuk mengurangi kemacetan di jam sibuk orang yang akan berangkat bekerja," ucapnya.

Di Jawa Barat terdapat 22 wilayah di Kab/Kota. Dimana setiap wilayah sudah memiliki kawasan tertib lalu lintas.

"Ada 22 wilayah yang ditentukan, sudah berjalan optimal sejak 2011, harus ada upgrading dan pengecekan - pengecekan untuk wilayah tersebut," jelasnya. 



(Wief)