Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Minum Kopi Saat Sahur, Tenyata Ada Efek Negatifnya Untuk Puasa Anda! Simak Keterangan Dokter Ini

Minum Kopi Saat Sahur
Efek Minum Kopi Saat Sahur
MangEnjang.com - Pada bulan Ramadhan, sahur menjadi momen penting untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang diperlukan untuk menjalankan puasa dengan lancar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis makanan atau minuman cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Salah satu di antaranya adalah kopi, yang sering dijadikan teman setia untuk memulai hari.

Namun, tahukah Anda bahwa minum kopi saat sahur bisa memberikan efek samping yang tidak diinginkan?

Menurut pengajar Prodi Kedokteran Keluarga FKUI, dr. Marinda Asiah Nuril Haya, MMed Sci, PhD, kopi memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh.

Akibatnya, kita cenderung lebih sering buang air kecil setelah mengonsumsi kopi.

"Kopi itu membuat kita lebih sering untuk buang air kecil, sementara puasa kan nggak minum tuh, berkurang cairan di dalam tubuh," kata pengajar Prodi Kedokteran Keluarga FKUI dr Marinda Asiah Nuril Haya, MMed Sci, PhD.

Hal ini menjadi masalah saat berpuasa, karena cairan tubuh terus berkurang tanpa adanya asupan cairan baru selama berpuasa.

Dr. Nuril menjelaskan bahwa risiko dehidrasi menjadi lebih besar ketika kita terus kehilangan cairan tanpa menggantinya.

Bahkan, meskipun efek kafein dari kopi bisa bertahan beberapa jam, namun setelah itu kita akan merasakan kelemahan akibat kekurangan cairan dan dehidrasi.

"Mungkin efek kafeinnya bisa stay selama beberapa jam, tapi setelah itu efek buang air kecilnya justru bikin lemas kekurangan cairan dan dehidrasi. Oleh karena itu sebaiknya dihindari," ujarnya.

Oleh karena itu, lebih bijak untuk menghindari minum kopi saat sahur.

Bagi yang sulit mengubah kebiasaan dan tetap ingin menikmati kopi saat sahur, dr. Nuril menyarankan untuk memastikan kecukupan cairan dalam tubuh.

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengatasi efek diuretik dari kopi.

Dia menyarankan untuk minum setidaknya dua gelas air putih saat sahur, satu gelas setelah buka puasa, dan satu gelas setelah salat maghrib.

Selain itu, dari waktu isya hingga sahur, disarankan untuk minum tiga hingga empat gelas air putih.

"Jadi pas sahur itu minum setidaknya sekitar dua gelas air putih. Terus nanti pas buka juga satu gelas air putih, satu gelas pas habis salat maghrib, terus dari isya sampai sahur lagi bisa tiga sampai empat gelas, sehingga kebutuhan cairannya itu tetap terpenuhi," pungkasnya.

Dengan mengganti kebiasaan minum kopi saat sahur dengan air putih, kita dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari risiko dehidrasi yang tidak diinginkan selama menjalankan ibadah puasa. 

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan lancar!***