Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sambutan Rais Aam PBNU, KH Miftahul Akhyar di Buku Saku Muktamar Nahdlatul Ulama 2021

KH Miftahul Akhyar

السلام عليكم ورحمة اهلل وبركاته

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah Sub hanahu wa Ta’ala, karena atas ma’unah dan karunia-Nya, Pengurus Besar Nahdlatul Ula ma (PBNU) dapat menerbitkan buku Ang garan Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), yang merupakan keputusan ter tinggi organisasi, dalam bentuk buku saku yang ada di hadapan pembaca.

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Kanjeng Nabi Muhammad Shallal lahu Alayhi wa Sallam, Sang Pembawa Rah mat Bagi Semesta Alam.

Penerbitan buku ini merupakan salah satu langkah sosialisasi hasil Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan pada 22-24 Desember 2022 di Lampung kepada seluruh jajaran pengurus, warga nahdliyin dan unsur masyarakat lain ten tang ke-NU-an dan peraturan yang menjadi pedoman dalam Perkumpulan Nahdlatul Ulama.

Buku saku ini merupakan hasil jerih payah dan sari pati pemikiran para intelektual, ulama dan pengurus Nahdlatul Ulama, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Selain dokumen AD/ART ini, masih terdapat beberapa keputusan lain yang dihasilkan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama, yaitu: rumusan program, hasil bahtsul masail diniyah, rekomendasi, dan keputusan lain, yang akan diterbitkan tersendiri.

Kekuatan jam’iyah Nahdlatul Ulama sebenarnya sangat luar biasa.

Tapi, selama ini, banyak warga Nahdlatul Ulama yang hanya memosisikan diri sebagai jamaah, belum ber-jam’iyah. Inilah yang perlu kita jam’iyah-kan.

Dan, pemahaman terhadap AD/ART merupakan pintu gerbang dalam proses men-jam’iyah-kan jamaah tersebut.

Ibarat “tongkat komando” yang dikirim oleh Syaikhona Kholil kepada KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, seperti itulah seharus nya kita memosisikan dokumen AD/ART Nahdlatul Ulama dalam khidmah jam’iyah.

Jangan sampai warga nahdliyin tercerai be rai hanya karena kepentingan-kepentingan sesaat.

Mereka harus mengikuti satu komando dari PBNU, yang didasarkan kepada AD/ART sebagai amanat Muktamar dan didukung oleh para mustasyar.

Men-jam’iyah-kan jamaah dengan se gala potensi yang berkekuatan raksasa ini, menjadi pekerjaan rumah terpenting dari sekian pekerjaan rumah yang lain.

Sebab, potensi raksasa ini, kalau tidak dikelola dengan baik dan benar, justru akan menjadi beban dan terpecah belah.

Menjadi bulan-bulanan dan diperebutkan oleh kelompok kelompok lain.

Harapan kami, buku kecil ini dapat menjadi pedoman bagi semua pihak –wa bil khusus jajaran Syuriah— yang berkhidmah di dalam Jam’iyah Diniyah Ijtima’iyah ter cinta ini.

Karena itu, kami mengajak semua jajaran Syuriah --mulai dari PBNU, PWNU, PCNU, MWCNU, hingga Ranting dan Anak Ranting NU-- bersama-sama memahami dan menjaga konsistensi dalam menjalankan ketentuan AD/ART.

Sebab, konsistensi semua pihak dalam melaksanakan amanat AD/ART merupakan salah satu pilar penting dalam menyongsong Abad Kedua Nahdlatul Ulama.

Atas nama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontri busi dalam proses terbitnya buku AD/ART ini.

Semoga terbitnya buku ini memperkuat himmah kita semua dalam khidmah jam’iyah yang didirikan oleh para ulama dan awliya’ ini.

واهلل الموفق إلى أقوم الطريق
والسلام عليكم ورحمة اهلل وبركاته

Jakarta, 2 Ramadhan 1443 H/4 April 2022 M
Rais ‘Aam,
ttd
KH. Miftachul Akhyar