Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Diet sehat itu mudah!


PurwakartaOnline.com - Seharian ini (Minggu, 1/10/2020) entah berapa kali saya dengar kata 'kalori', setelah diperhatikan ternyata para ibu sedang diakusi tentang 'diet kalori'. Saya terkejut, saat mendengar bahwa bukan satu-dua orang yang menjadi korban diet tidak sehat. Mulai dari yang sakit ringan hingga meninggal dunia ternyata ada di sekitar kita. 

Makanya saya coba cari informasi cara diet sehat, yang akhirnya saya dapat artikel paling 'masuk akal', aman dan sangat meyakinkan yaitu dari situs Hellosehat.com.

Dari awal tulisan di artikel ini sudah mencoba membuka fakta-fakta yang bisa terjadi, meskipun biasanya 'korban diet' enggan mengakui jika dirinya sakit gara-gara diet.

"Alih-alih berat badan turun, angka di timbangan malah akan melonjak drastis jika salah strategi. Cara diet yang salah juga dapat membahayakan kesehatan tubuh," tulis artikel tersebut.

Arti DIET

Diet adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang secara harfiah artinya makanan yang biasa dimakan. Kata 'diet' itu sendiri berakar dari bahasa Yunani Kuno yang artinya cara hidup.

Dengan demikian, dapat diartikan makna asli dari diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Sedangkan diet dalam artian murninya juga bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu.

Ada yang berdiet memang untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Melihat definisi diet yang begitu luas dan beragam, maka sekarang kita bisa meluruskan anggapan kuno bahwa diet hanya boleh dijalani orang gemuk. Setiap orang dari segala kalangan dan rentang usia, laki-laki, perempuan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia boleh berdiet. Hanya saja, Anda perlu tahu cara diet yang sehat.

Diet itu mudah kok!

Pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga Anda jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

Aturan diet sehat agar turun berat badan
Jika tujuan utama Anda memang menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai rencana diet. Tenang, diet untuk memangkas berat badan itu tidak sesusah yang Anda bayangkan, kok!

Apabila Anda menerapkan aturan sehat di bawah ini, bukan hanya berat badan ideal yang bisa Anda dapat. Dalam jangka panjang, diet sehat akan membantu Anda terhindari dari berbagai penyakit kronis.

1. Makanan yang tepat


Jika selama ini terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis, sebaiknya mulai perlahan tukar menu makan Anda dengan yang lebih sehat. Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet Anda. 

Pilihan makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat Anda di antaranya adalah sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu dan produk susu rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten.

Cara diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda saja.

2. Cara mengatur porsinya

Semua makanan tetap dibutuhkan tubuh, Anda tinggal mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan Anda sampai seminimal mungkin.

Kuncinya Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Ingat, menjaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan optimal.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian saat diet? Sebetulnya tidak ada aturan yang pasti mengenai perhitungannya. Total kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda.

Namun jika sedang berencana menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Dengan pengurangan ini, Anda dapat kehilangan 0,5-1 kg berat badan per minggu.

Untuk menerapkan diet sehat, ingatlah selalu bahwa Anda harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan makanan Anda adalah sumber:

  • Karbohidrat (makanan pokok)
  • Lauk protein (hewani atau nabati)
  • Lemak sehat
  • Serat
  • Vitamin dan
  • Mineral dari lauk sayuran
  • Tambahan, selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan.
Selalu perhatikan porsi makan Anda. Idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging atau sumber protein Anda, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni.

Ingat, hindari makanan berat yang berlemak atau makanan tinggi gula ketika makan malam agar berat badan Anda tetap terkontrol dengan baik.

Lebih detilnya Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, dengan merujuk pada gambar di atas. Kalau masih kesulitan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut bersama ahli gizi terpercaya.

3. Perhatikan jadwal makan


Banyak yang beranggapan bahwa diet akan lebih cepat membuahkan hasil jika kita melewatkan waktu makan. Ada yang memilih untuk tidak sarapan, tidak makan siang, atau tidak makan malam. Namun sebenarnya cara diet seperti ini salah. 

Setiap waktu makan itu penting bagi Anda. Melewatkan waktu makan justru akan membuat Anda gampang kelaparan, gula darah naik-turun drastis, dan semakin stres yang kesemuanya ikut andil mengacaukan rencana diet sehat Anda.

Tidak apa untuk makan 3 kali sehari asalkan dengan memerhatikan aturan porsi di atas. Jika memang ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil.

Kuncinya, hindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan serat agar bisa tetap kenyang hingga siang hari.

4. Waspada gula dan garam



Nah selain mengatur porsi menunya, Anda juga harus lebih bijak membatasi konsumsi garam, gula, lemak trans, dan minyak. Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat satu ini. 

Padahal, mengurangi porsi gula, garam, minyak, dan lemak adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat yang juga menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi sehingga buruk bagi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi adalah awal mula berbagai masalah kesehatan, dari kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan kita untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan prinsip G4G1L5 agar lebih mudah diingat.

Panduannya yaitu, gula 4 sdm per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan/hari.

Sebagai langkah mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula pasir atau gula murni dengan pemanis rendah kalori. Pemanis alternatif cenderung lebih aman bagi kadar gula darah Anda.

4. Inilah kenapa harus olahraga


Olahraga adalah cara diet sehat yang paling mudah untuk Anda lakukan. Mengatur porsi makan saja tidak akan sukses menurunkan berat badan jika tidak dibarengi olahraga rutin. 

Pasalnya, tubuh Anda tetap perlu membakar ekstra kalori yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus juga membentuk otot. Kalau bukan dengan olahraga, dengan cara apa lagi lemak tubuh bisa dihilangkan?

Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari. Nah, untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah. Mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban.

5. Hindari kebiasaan buruk berikut


Di samping mengatur pola makan dan olahraga rutin, rencana diet Anda akan berjalan lebih baik jika Anda juga menerapkan pola hidup yang sehat secara keseluruhan. Apa saja pola hidup yang baik itu? 

Ada berbagai cara dapat Anda lakukan. Misalnya tidur cukup 7-8 jam per malam, sebisa mungkin hindari lembur dan begadang. Lalu, hindari mengonsumsi alkohol dan jangan merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat Anda berjalan mudah.

Salah satu tips diet, simak video berikut. Diet untuk pemula:


* Warta Warga dari DS